Top Ad unit 728 × 90

Sepatu Cibaduyut Kabarmu Kini


Oded M Danial sedang melihat kualitas sepatu Cibaduyut

Siapa yang tak mengenal produk sepatu Cibaduyut yang sangat tersohor, sudah menjadi identitas bagi kota Bandung sebab memiliki kawasan sentra industri kerajinan sepatu berlokasi di daerah Cibaduyut.

Menurut sejarah, mulai berkembangnya industri dan perdagangan alas kaki Cibaduyut telah cukup lama. Awalnya dimulai sekitar tahun 1920, beberapa orang warga setempat yang kesehariannya bekerja pada sebuah pabrik sepatu di kota Bandung, setelah memiliki keterampilan dalam membuat sepatu, mereka berhenti sebagai pekerja. Mereka memulai membuka usaha membuat dan menjual produk alas kaki secara kecil-kecilan di daerah Cibaduyut.

Era milineal ini timbul permasalahan membuat otak para perajin harus berputar mencari solusi mengatasi masalah yaitu melemahnya daya beli disebabkan perilaku pelanggan yang berpindah ke perdagangan online mengakibatkan penurunan jumlah pendapatan. Bahkan, banyak pedagang yang gulung tikar.

Tantangan lebih serius dialami pengelola industri rumahan adalah regenerasi keterampilan perajin. Kebingungan jika mendapatkan pesanan dalam jumlah banyak dan perlu menambah pekerja. Persoalan ini harus dihadapi bersamaan dengan sulitnya bertahan di tengah persaingan produk di pasaran.

Meningkatnya konsumsi produk lokal perlu ditunjang dengan update nya teknologi dan regenerasi keterampilan perajin. Keduanya saling berkaitan, jika hilang salah satu maka industri produk lokal akan lenyap ditelan zaman. Konsumen harus berbangga, tak ada lagi gengsi membeli produk lokal sebab produk berkualitas yang beredar diseluruh penjuru dunia adalah produk lokal Indonesia.



Sepatu Cibaduyut Kabarmu Kini Reviewed by Ahmad Farid Fakhrullah on 06.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.