Kami Benar-Benar Kecewa Kepada Menag!

Pernyataan Menteri Agama (Menag) Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas berbuntut panjang. Pasalnya, selain mengeluarkan peraturan tentang batas maksimal volume azan, Yaqut juga memberikan statement kontroversial. Dalam sebuah sesi wawancara, ia membandingkan pengeras suara masjid dengan gonggongan anjing.


“Sederhananya kalau kita hidup di dalam kompleks, misalnya kiri, kanan depan, belakang pelihara anjing semua lalu menggonggong dalam waktu bersamaan, kita ini terganggu tidak? Artinya apapun suara itu harus kita atur supaya tidak menjadi gangguan,” ucap Menag.


Merespon statement tersebut, Ketua DPD PKS Kota Bandung, Khairullah menyayangkan pernyataan Menag yang menyebutkan jika riuhnya azan dibandingkan dengan gonggongan anjing.


"Kami meminta klarifikasi dari Kementerian Agama atas pernyataan tersebut. Ini benar-benar bentuk penghinaan bagi agama," tegas Khairullah.


Khairullah melanjutkan,  menurutnya azan itu bukan hanya penanda waktu salat, tapi maknanya lebih dari itu. 


"Azan itu berisi seruan-seruan paling mulia yg mengingatkan manusia akan tujuan utama penciptaannya; yaitu beribadah kepada Allah, tidak pantas sama sekali jika disandingkan dengan gonggongan," ungkapnya.


Khairullah juga mendesak agar Menag menyampaikan permohonan maaf atas pernyataan kontroversial tersebut.


"Menteri Agama sebaiknya meminta maaf dan mengakui kesalahannya. Jangan usik kedamaian di negeri ini dengan statement yang tidak ahsan," ujarnya


Baru-baru ini Kemenag menerbitkan Surat Edaran No. 05 Tahun 2022 tentang pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala. Di mana volume pengeras suara masjid dan musala maksimal 100 dB (desibel). 


Selain itu, surat edaran ini juga mengatur penggunaan speaker di waktu azan serta durasi pemakaian pengeras suara maksimal 10 menit.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Why couldn't I have the same or similar opinions as you? T^T I hope you also visit my blog and give us a good opinion. 안전놀이터

    BalasHapus
  2. I've been looking for high-quality articles and weblog posts about these houses for a while. While exploring Yahoo, I stumbled across this website. I will not ignore this site and continue to look at it.

    스포츠토토
    안전놀이터
    카지노사이트
    바카라사이트

    BalasHapus