Bandung Belum Miliki Ikon Khas, Pansus 4 Bahas Raperda Pemajuan Kebudayaan

 

Ikon visi Kota Bandung dirasa belum banyak orang yang mengetahuinya, oleh karenanya anggota Pansus 4 DPRD Kota Bandung H. Asep Mulyadi mengatakan pentingnya pembahasan rancangan Peraturan Daerah Kota Bandung tentang Pemajuan Kebudayaan, ia berharap pembahasan tersebut dapat menguatkan ikon visi Kota Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

“Kami berharap pembahasan rancangan peraturan daerah pemajuan kebudayaan adalah harus menguatkan ikon visi kota Bandung, Bandung Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis,” kata H. Asep Mulyadi usai mengikuti rapat kerja pansus 4.

H. Asep Mulyadi

H. Asep Mulyadi menjelaskan, kebudayaan tidak sekedar mengenai kesenian tapi terkait dengan bahasa, sistem, teknologi, nilai dan sosial. Ia merujuk kepada Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, bahwa sangat erat kaitannya dengan penguatan sistem nilai-nilai luhur bangsa dan pembentukan masyarakat madani.

“Ketika kita bicara pemajuan kebudayaan tentu kami berharap bahwa bicara kebudayaan bukan bicara kesenian tapi bicara kebudayaan adalah didalamnya berbicara tentang bahasa, sistem, teknologi, nilai, sosial dan itu sesuai dengan arah dari pemajuan kebudayaan di Undang-undang nomor 5 tahun 2017 bahwa bicara pemajuan kebudayaan adalah bicara tentang bagaimana kebudayaan adalah juga harus menjadi penguat sistem nilai-nilai luhur bangsa kemudian juga harus menjadi penguat pembentukan masyarakat madani,” kata H. Asep Mulyadi.

Politisi PKS ini pun mendorong Bandung memiliki icon kekhasan dibandingkan dengan daerah lain dan Pemerintah Kota Bandung memperhatikan kesejahteraan para pelaku seni dan budaya.

“Ketika kita berbicara Bandung Unggul, maka pemajuan kebudayaan harus memiliki daya saing sehingga harus menjadikan bahwa ketika kita berbicara budaya Bandung ini, ada kekhasan. Dan ketika berbicara Bandung Sejahtera, maka pelaku seni budaya juga harus mendapat perhatian pemerintah Kota Bandung,” ujarnya.

 



Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar