Berhenti Beroperasi, Damri Bandung Harus Punya Kesiapan Alternatif

 

Keberadaan bus kota Damri di Bandung punya kenangan tersendiri bagi warga Kota Bandung. Kabar operasional bus Damri Bandung berhenti beroperasi membuat semua pihak kaget.


Tak terkecuali Ketua DPRD Kota BandungTedy Rusmawan, yang jalan hidupnya pernah menikmati momen di dalam bus Damri. Pada Kamis (28/10/2021), dia mendatangi kantor Damri di Jalan Soekarno Hatta, Kamis (28/10).

Tedy Rusmawan saat mengunjungi Damri Kota Bandung


Menurut Tedy Rusmawan kedatangannya ke Damri untuk mempertanyakan dihentikannya operasional Damri di 8 jalur.


"Saya sebagai Ketua DPRD Kota Bandung mendesak agar Damri segera kembali beroperasi karena angkutan umum Damri sangat dibutuhkan," ujar Tedy.


Tedy mengatakan, Damri harus mencari solusi agar angkutan umum kemballi beroperasi. 


"GM Damri mengaku rugi selama pandemi makanya memilih menghentikan operasi di 8 trayek dan hanya beroperasi tiga jalur," ujar Tedy.


Menurut Tedy dihentikannya operasional Damri di 8 jalur merupakan kejadian luar biasa, makanya, saya terjun langsung ingin mengetahui akar permasalahannya. 


"Ini kejadian luar biasa, soalnya tidak pernah membayangkan ada kebijakan DAMRI berhenti jadi sampai saat ini dari aspek kebijakan anggaran, perencanaan dana tersebut belum ada pembahasan, " ujarnya.


Masih kata Tedy, saat bertemu langsung dengan General Manager Perum Damri menyampaikan bahwa memang informasinya mendadak. 


Menurut Tedy management Damri merasa berat biaya operasional sedangkan penumpang sepi sehingga terus rugi sehingga Direksi memutuskan menghentikan operasional di 8 jalur.


Tedy akan mengupayakan ada jalur yang dioperasikan kembali khususnya yang banyak penumpangnya.
Tedy mengatakan ada trayek  jangan sampai berhenti yakni di titik titik yang membelah kota Bandung, contoh Cicaheum Cibeureum.


"Leuwipanjang - Dago - Leuwipanjang - Ledeng harus dipertahankan karena ada Kampus dan jika sudah normal belajar penumpang pasti kembali rame," ujar Tedy.


Disinggung jika Damri tetap ingin menghentikan operasionalnya, Pemkot Bandung kata Tedy harus punya kesiapan alternatif dengan matang. Dan tetap berikhtiar agar damri tidak menghentikan.



(Ahmad Farid Fakhrullah)

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Harus banyak dievaluasi memang karena hal tersebut mengindikasikan bahwa ada yang salah dengan manajemen di Damri.

    BalasHapus