Tapping Box, Solusi Atasi Kebocoran PAD Kota Bandung

 

"Padahal dari 2019 itu udah disampaikan untuk memperoleh pendapatan ada beberapa hal bisa dilakukan diantaranya penggunaan tapping box, tapping box itu sebuah alat yang bisa kemudian mengetahui beberapa transaksi yang dilakukan untuk sektor-sektor usaha seperti hotel, restoran, ia merekam transaksi sehingga dengan itu kebocoran bisa di minimalisir dengan tapping box itu," ujar Khairullah.


Khairullah

Menurut Wakil Komisi A DPRD Kota Bandung Khairullah, tapping box sebuah alat untuk mengetahui dan merekam transaksi sehingga meminimalisir kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung.


Khairullah mengatakan perbedaan cukup drastis tempat usaha yang menggunakan alat tapping box, dari sisi pembayaran pajak.


"Sebuah usaha dia tidak mau menggunakan tapping box dari tahun 2018, setelah di telusur sebeneranya pajak yang harus dia bayarkan itu 10.8 milyar. Sementara dengan tidak menggunakan tapping box itu dia membayar pajaknya ya sangat murah," kata Khairullah.


Khairullah menegaskan pajak PPN dibayarkan oleh konsumen yang dititipkan kepada tempat usaha, agar disetorkan kepada Pemerintah Kota Bandung.


"Yang namanya pajak PPN itu, pajak yang orang makan dan sebagaianya, nah itu pajak yang bukan dibayar oleh si perusahaan tapi dibayar oleh konsumen hanya dititipkan melalui pengusahanya, melalui kalo restoran melalul restoran itu, kalo hotel melalui hotel," kata Khairullah.


Politisi PKS ini pun berharap Pemerintah Kota Bandung mendorong setiap tempat usaha menggunakan tapping box dalam rangka optimalisasi PAD.


 

(Ahmad Farid Fakhrullah)

Posting Komentar

0 Komentar