Bandung Reueus, Kota Bandung menjadi Kiblat Seni Budaya


Masa pandemic Covid-19, para seniman dan budayawan mengalami penurunan pendapatan, pasalnya mereka menggantungkan hidupnya dari penampilan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung membuat program Bandung Reueus. Program tersebut sebagai kepedulian Pemerintah Kota Bandung terkait kesejahteraan para seniman dan budayawan.


Andri Rusmana

Andri Rusmana anggota Komisi D DPRD Kota Bandung mengapresiasi inovasi yang dilakukan Disbudpar dengan meluncurkan program Bandung Reueus. Menurutnya, program ini telah lama dinanti oleh para seniman dan budayawan.


“saya mengapresiasi program-program yang digagas oleh Disbudpar dalam hal ini. Ini sebetulnya program yang ditunggu-tunggu oleh para seniman dan budayawan apalagi di era hari ini di masa-masa pandemi yang sebelumnya banyak informasi kepada kami bahwasanya ini banyak pelaku seni budaya yang sudah mulai kerepotan, jadwal manggung tidak ada sementara mereka dibeberapa menggantungkan hidupnya dari penampilan,” kata Andri.


Andri menjelaskan program Bandung Reueus memiliki keunggulan, diantaranya para seniman dan budayawan memiliki mentor sebagai penunjang untuk berinovasi dan berkreasi serta menggali potensi seni dan budaya.


“Dengan adanya Bandung Reueus, mereka didampingi kemudian di edukasi, bagaimana para seniman dan budayawan ini bisa berinovasi, bisa berkreasi. Nah yang menarik itu pendamping keliling ke sangar-sanggar ke padepokan-padepokan ke lingkung-lingkung seni. Mereka menggali potensi dan melihat bagaimana kondisi sebetulnya,” ujar Andri.


Politisi PKS ini pun berharap karya-karya yang dihasilkan para seniman dan budayawan mendunia ke tingkat internasional serta Kota Bandung menjadi kiblat seni budaya.


“Para seniman dan budayawan Kota Bandung kedepan ini harus mendunia jadi tidak hanya karya-karya nya dinikmati oleh masyarakat lokal Kota Bandung Jawa Barat tapi ke nasional bahkan internasional. Dan Kota Bandung jadi kiblat seni budaya,” harapnya.


 

 

(Ahmad Farid Fakhrullah)

Posting Komentar

0 Komentar