5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Selama Isolasi Mandiri (Isoman) Di Rumah

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 30 Agustus mendatang. Tentunya, hal ini membuat sebagian besar orang harus tetap berada di rumah, baik yang sedang terjangkit virus covid-19 maupun yang tidak. 


Berada di rumah dalam jangka waktu yang lama membuat kita secara tidak sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dinilai buruk untuk kesehatan. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk itu dan bagaimana dampaknya bagi kesehatan?

Berikut 5 kebiasaan buruk yang harus dihindari selama di rumah :



1. Tidak Banyak Bergerak


Kebiasaan malas gerak (mager) ternyata punya dampak yang buruk bagi kesehatan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit seperti diabetes, demensia, penyakit kardiovaskular, dan juga obesitas. Setidaknya, lakukan olahraga sederhana seperti jogging, jalan santai, atau senam agar tubuh kembali bugar dan tidak cepat Lelah.



2. Mudah stres


Tidak kunjung berakhirnya PPKM membuat banyak orang stres, belum lagi pemberitaan media tentang covid-19 yang terus saja bertambah setiap hari. Pikiran buruk membuat otak akan memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol yang dapat merusak respon kekebalan tubuh. Tak hanya itu, orang yang mengalami stres kronis akan lebih rentan terhadap infeksi virus yang datang menyerang tubuh.


Stres juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi.



3. Kesepian


Pandemi membuat kita tidak bisa berjumpa dengan banyak orang secara langsung. Membuat kita terkadang merasa kesepian karena jauh dari teman dan keluarga. Ternyata, kesepian juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Para ilmuwan mengatakan, kesepian bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya, seperti merusak sistem kekebalan tubuh, otak, dan juga berdampak negatif terhadap jantung. 


Usahakan untuk tetap terhubung dengan teman-teman dan keluarga, baik secara virtual ataupun dengan media-media lainnya.



4. Begadang


Kurangnya rutinitas di luar ruangan membuat kita sering tidur malam atau begadang. Padahal, begadang juga punya dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Saat kurang tidur, maka sistem dalam tubuh akan kesulitan memperbaiki diri. Karena pada saat istirahat, sistem kekebalan tubuh, jantung, dan otak, akan mendapatkan perawatan yang memadai. Menurut para ilmuwan, untuk mendapatkan jam tidur yang berkualitas, orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7-9 jam setiap hari.



5. Tidak Menjaga Pola Makan


Makanan adalah asupan bagi tubuh, buruknya pola makan akan berdampak besar pada tubuh kita. Tidak bisa keluar rumah membuat kita lebih sering mengonsumsi makanan-makanan instan atau memesan makanan online. Agar tubuh tetap dapat meregenerasi sel kulit, otot, hingga tulang, maka memilih makanan bernutrisi menjadi syarat utamanya.  


Demikian 4 kebiasaan buruk yang biasa dilakukan selama di rumah saja. Semoga artikel ini dapat membuat kita lebih sadar tentang pentingnya melakukan kebiasaan baik terutama saat pandemi Covid-19. 


Reli Kota Bandung

Wafiq

Posting Komentar

0 Komentar