Top Ad unit 728 × 90

Politisi PKS: UHC Solusi BPJS Naik


Salmiah Rambe berharap tahun 2020 anggaran Universal Health Coverage (UHC) sebesar 238 Miliar tetap dipertahankan untuk pelayanan kesehatan masyarakat Kota Bandung yang belum terdaftar BPJS Kesehatan, khususnya masyarakat yang kurang mampu. Salmiah mengungkapkan UHC sebagai solusi dari rencana pemerintah pusat menaikan tarif BPJS mandiri.

Salmiah Rambe

“Rencana pemerintah pusat menaikan tarif BPJS dirasakan sangat memberatkan masyarakat, maka UHC bisa menjadi salah satu solusi kesehatan masyarakat,” ungkap Salmiah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjamin  8.572 warga Kota Bandung yang belum terdaftar di Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan pada tahun 2020 akan mendapatkan layanan kesehatan melalui program UHC.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung ini juga mengkritisi pelayanan Rumah Sakit yang tebang pilih, lebih mengutamakan pasien umum daripada pasien BPJS.

“Rumah sakit baik Rumah Sakit pemerintah ataupun swasta agar meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat tanpa membedakan apakah pasien umum pasien BPJS mandiri atau yang dibayarkan pemerintah,” kata Salmiah.

Lanjutnya, ia pun memprotes tindakan Rumah Sakit yang mengharuskan keluarga pasien menyiapkan uang muka (DP/ Down Payment) puluhan juta terlebih dulu, sebagai syarat pasien ditangani.

Salmiah saat bertemu masyarakat

Salmiah memberikan saran agar Rumah Sakit dapat mengedukasi pasien terkait kategori pendaftaran pasien. Seringkali pasien BPJS didaftarkan oleh petugas Rumah Sakit sebagai pasien umum.

“Ada Rumah sakit swasta yang mengarahkan pasien BPJS agar daftar sebagai pasein umum,” kata Salmiah.

Politisi PKS menegaskan agar Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta agar melayani dengan didasari dengan cinta kepada Allah. Setiap pelayanan adalah amalan, jika dilaksanakan dengan iman dan ikhlas maka akan menjadi bekal untuk bertemu Allah di syurga-Nya kelak.






(Ahmad Farid Fakhrullah)

Politisi PKS: UHC Solusi BPJS Naik Reviewed by Ahmad Farid Fakhrullah on 07.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.