Top Ad unit 728 × 90

Verifikasi Faktual Terpenuhi, Optimis Menunggu Hasil


Pertanda baik, kurang lebih 120 kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  Kota Bandung melaksanakan sholat khusuf (gerhana bulan total) lalu dilanjutkan dengan kegiatan proses verifikasi faktual partai calon peserta pemilu 2019 yang berlangsung di DPD PKS Kota Bandung. Setiap DPC mengirimkan perwakilan nya untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Semua raut wajah kader PKS tegang saat rombongan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Bandung datang, namun suasana tegang berubah menjadi asyik riang gembira tanpa ada tekanan saat ketua panwaslu Kota Bandung, Farhatun Fauziah mengatakan tak perlu merasa takut karena kami (panwaslu) mengawasi kinerja penyelenggara dan mengawasi hal-hal yang tidak sesuai prosedur.

Kehadiran kami tak perlu dihariwangkeun karena kami tidak ngapa-ngapain kami hanya mengikuti kinerja penyelenggara.” Kata Farhatun Fauziah saat memberi sambutan, didepan para kader PKS, 31 januari 2018.

Komisioner KPU Kota Bandung, Suharti menyadari jika verifikasi faktual partai politik dilakukan secara mendadak karena mengingat keputusan Mahkamah Kostitusi  yang mengharuskan semua partai politik melakukan verifikasi faktual. Hebatnya lagi KPU Kota Bandung hanya diberi jatah 3 hari untuk menyelesaikan 14 partai politik yang terdiri dari 12 partai politik lama dan 2 partai politik baru.

ini hari kedua, masih ada 4 partai politik lagi yang menunggu untuk diverifikasi.” Kata Suharti saat memberikan sambutan.

Verifikasi faktual ini tidak semua anggota partai PKS tetapi hanya 5 persen dari keanggotaan Partai PKS. KPU Kota Bandung hanya mengecek kebenaran identitas diri antara Kartu Tanda Anggota (KTA) dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), jika ada yang berhalangan hadir, KPU memberikan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi video call, karena dapat bertatap muka serta dapat menunjukkan KTA dan KTP-el. Serta dilakukan verifikasi kepengurusan inti tingkat daerah yaitu Ketua, Sekretaris dan Bendahara terkait kesesuaian surat Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) terhadap dokumen yang diunggah dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) serta mengenai legalitas kantor ini (DPD PKS Kota Bandung).

Bisa dibayangkan betapa hebohnya KPU Kota Bandung jika mengumpulkan semua kader PKS seKota Bandung”. Ujar  Suharti

Suharti menjelaskan bahwa tahapan ini sangat padat, KPU sedang menunggu penetapan calon walikota, penetapan calon gubernur, sedang verifikasi partai pemilu 2019 dan sedang proses penyusunan daerah pemilihan. Tak kalah sibuknya lagi partai politik harus mengurusi pemenangan walikota dan gubernur, lalu mempersiapkan peserta untuk pemilu legislatif 2019. Ini semua jika ingin berjalan lancar harus berkerja sama baik itu KPU, Panwaslu serta Partai Politik.

Tahapannya memang sudah mulai padat, kita berdo’a agar diberikan kesehatan untuk menjalani tahapan ini.” Pungkas Suharti

Syarat verifikasi faktual yang tak kalah penting mengenai keterperhatian perempuan, Panwaslu akan mengecek kuota 30 persen keterperhatian perempuan terpenuhi atau tidak. Jika dilihat DPD PKS kota Bandung  mampu memenuhi syarat tersebut. Hal tersebut ditegaskan oleh Siti Nurjannah kader PKS yang menjabat sebagai ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK).

Alhamdulillah Keterperhatian perempuan PKS Kota Bandung memenuhi target 30 persen.” Kata Siti, ketua BPKK PKS Kota Bandung.


Ketua DPD PKS Kota Bandung, Tedy Rusmawan sangat mengapresiasi kinerja dari KPU Kota Bandung melakukan verifiaksi faktual dan Panwaslu Kota Bandung mengawasi verifikasi faktual agar sesuai dengan perundang-undangan. Tedy juga mengapresiasi kader-kader PKS yang telah hadir dalam suasana yang dinamis penuh dengan wajah-wajah yang asyik penuh semangat dan ceria.

 “Walaupun malam-malam hari ini dihampir jam sepuluh malam anggota KPU masih tetap semangat melakukan verifikasi faktual.” Kata Tedy

Tedy berharap mudah-mudahan PKS lolos verifikasi faktual tingkat daerah yang akan diumumkan tanggal 2 Februari 2018, jika dinyatakan lolos maka perhelatan pemilu legislatif 2019 dapat diikuti dan menangkan.


Verifikasi Faktual Terpenuhi, Optimis Menunggu Hasil Reviewed by Ahmad Farid Fakhrullah on 21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.