Top Ad unit 728 × 90

4 Tips Parenting untuk Generasi Milineal

Sumber : google

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya dari segi apapun. Karena hal itulah,sejak anak dikandungan sampai tumbuh dewasa, akan terus memperhatikan dan juga memberikan segala kebutuhannya. Namun, apa yang orang tua berikan pun harus sesuai dan juga tepat karena orang tua yang hidup di zaman super canggih ini menghadapai sebuah tantangan baru yang disebut dengan generasi milenial. Lalu, apa sih pengertian dari generasi milenial sendiri? Dan yang terpenting, parenting atau pola asuh seperti apakah yang tepat generasi milineal tersebut? Penasaran dengan jawabannya? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!
Mengenal Arti dari Generasi Milineal
Dilansir dari sebuah situs https://wolipop.detik.com (27/05/2016) Generasi Milineal atau akrab disebut dengan generasi Y adalah generasi yang lahir dalam kurun waktu 1980-2000an. Dimana generasi tersebut lahir dengan istilah generasi internet atau iGen. Dikatakan sebagai generasi internet karena memang ketika mereka lahir teknologi dan internet telah menjadi bagian dari gaya hidup.
Berbagi Tips Parenting untuk Generasi Milineal
Saat ini, sebagian besar generasi milineal pun telah menjadi orang tua dimana mereka pun harus menghadapi anak-anak milineal. Karena zaman sudah berbeda kerap kali pola asuh di zaman dahulu tak mempan untuk diterapkan pada anak-anak ini, terlebih tantangan terbesar para orang tua adalah menghadapi anak yang kecanduan teknologi atau perlikau lainnya. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut:
1. Tanamkan Nilai Agama Sejak Dini
Saat ini memang banyak sekolah-sekolah berbasis agama dengan menerapkan jam full daya. Namun, hal tersebut Bukan jaminan anak akan memiliki nilai agama yang menerap. Karena, peran orang tua tetaplah kuat dimana orang tua wajiB untuk mengajarkan agama pada anak sejak dini dari mulai baca Al-Qur’an, shalat lima waktu, shaum, menanam akhlak kebaikan, dan lain sebagainya.
2. Beritahu dan Dampingi Anak Tentang Pubertas
Masuk usia pubertas ini anak akan mengalami perubahan dlaam bentuk tubuhnya. Karena itu jangan biarkan anak “kaget” dengan perubahan yang terjadi dalam dirinya. Komunikasikan hal ini jauh-jauh hari sesuai dengan usianya. Jangan sampai anak bertanya pada temannya atau mencari sendiri.
3. Kenalkan Anka pada Teknolgi sesuai Usianya
Tak dipungkiri, teknologi saat ini semakin canggih. Karena tiu orang tua harus pintar mengenalkan teknolgi sesuai usia anak. jangan sampai sedari balita sudah diberikan gadget sehingga anak kecanduan. Beritahu dampak positif dan negatif bermain gadget dan usahakan bila anak tak boleh ebrmaian gadget orang tua harus mengalihkannya dengan hal-hal yang bermanfaat seperti ikut kursus atau les yang sesuai dengan bakatnya.
4. Timbulkan Kedekatan Antara Anak dan Orang Tua
Peran orang tua terhadap sangatlah besar. Anak bisa mencontoh apapun dari orang tua, maka dari itu agar anak tak kehilangan arah dan berperilaku aneh atimbulkanlah kedekatan antara Anda dan anak. Salah satu upaya untuk menimbulkan kedekatan tersebut adalah dengan memeluknya. Karena hal ini mudah tapi tak banyak yang bis amelakukannya. Jika ini dilakukan maka kedekatan emosional pun akan terjalin.

Bagaiaman Anda siap untuk menjadi orang tua di generasi milineal? Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba! (Sundus Afifah)

4 Tips Parenting untuk Generasi Milineal Reviewed by Ipah Abiba on 06.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.