Top Ad unit 728 × 90

Agar Komunikasimu Lancar Jaya Part 1

komunikasi

pksbandungkota.com - Manusia adalah makhluk sosial maka dari itu komunikasi adalah satu-satu nya jalan keluar agar informasi dapat tersampaikan. Namun tak jarang banyak yang menjadi kan komunikasi sebagai ajang untuk menampilkan diri, yang tanpa disadari komunikasi yang kita lakukan diterima secara negatif oleh pihak penerima, maka dari itu ada beberapa hal yang pperlu dihindari saat akan berkomunikasi

1. Jangan memotong pembicaraan orang lain
Memang pada dasarnya manusia ingin didengar, apalagi saat kita berada di suatu forum yang memang kita bisa berpendapat bebas. Tapi hati- hati saat akan berpendapat, jika memang kita tak setuju dengan apa yang orang lain sampaikan maka akan lebih baik untuk mendengarkan pihak pembicara menyelesaikan komentarnya.

2. Tidak reaktif dan emosional
Terkadang kita sakit hati terhadap kalimat yang disampaikan oleh lawan bicara kita. Namun jika kita melawan dengan emosi maka yang ada hanyalah luapan amarah dan amarah bukanlah komunikasi positif. Dimana komunikasi ada seharusnya untuk menyelesaikan masalah tetapi komunikasi malah menimbulkan masalah.

3. Jangan mencela
Hal ini sering terjadi dalam forum debat, dimana para pembicara selalu keluar dari topik dan tersulut untuk menyebutkan aib-aib lawan pembicara nya dengan maksud membuat lawan bicara menjadi "ciut" sehingga seringkali perdebatan juga menjadi awal mula suatu permusuhan. Meskipun kita mengetahui kesalahan-kesalahan masa lalu nya atau bahkan kejelekkan nya lebih baik untuk tidak menggunakannya sebagai senjata menyerang.

4. Jangan mudah "geer"
Tak semua orang tahu apa yang kita inginkan, tak semua orang tahu apa yang kita fikirkan, maka dari itu komunikasi kanlah, jangan berfikir bahwa orang tahu apa yang kita inginkan hanya dengan melihat postur tubuh kita karena postur tubuh bagi setiap orang mempunyai tafsir yang berbeda.

5. Jangan lari, bertanggung jawablah
Bertanggung jawabalah atas apa yang telah kita katakan, jika memang ternayata yang kita katakan salah maka akuilah, itu lebih baik dibandingkan jika kita akhirnya lari dan memutar-mutar kan segala bentuk alibi

sebenarnya masih ada 15 poin tentang bahaya yang harus dihindari, akan dibahas di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat (Ipah)
Agar Komunikasimu Lancar Jaya Part 1 Reviewed by Ipah Abiba on 16.52 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.