Top Ad unit 728 × 90

Ridwan Kamil Programkan 1.500 Mesin Pengolah Sampah




SERAHKAN BANTUAN PENCACAH SAMPAH. Calon Walikota Bandung Ridwan Kamil menyerahkan bantuan alat pencacah sampah di Kelurahan Cipamokalan Kecamatan Rancasari, Jumat (17/5). Bantuan diterima ketua RW 05 Kelurahan Cipamokalan, Asep Hidayat. Cawalkot yang akrab disapa Kang Emil ini merencanakan 1.500 alat mengolah sampah bila ia terpilih jadi walikota.


RANCASARI -- Calon Walikota Bandung Ridwan Kamil menyerahkan bantuan alat pengolah sampah di Kelurahan Cipamokalan Kecamatan Rancasari. Cawalkot yang akrab disapa Kang Emil ini merencanakan 1.500 alat mengolah sampah bila ia terpilih jadi walikota.

"Alat pencacah sampah ini bagian dari solusi Bandung Lautan Sampah," jelas kandidat nomor urut 4 ini setelah menyerahkan alat pencacah sampah itu ke ketua RW 5 Kelurahan Cipamokalan, Rancasari, Jumat (17/5).

Mesin yang diprogramkan sebanyak 1.500 itu nantinya di sebar ke tiap-tiap RW atau kelurahan. "Nah, nantinya hanya 30 persen yang dibawa ke tempat pembuangan akhir," jelasnya.

Hasil dari pencacahan itu bisa dibuat biogas dan kompos. Biogas langsung disalurkan ke rumah-rumah penduduk, sehingga tak perlu lagi membeli gas.

Sedangkan untuk kompos nanti bisa dijual dan hasilnya bisa jadi kas RW atau kelurahan. "Kita juga sedang menjajagi kerjasama dengan pembeli kompos. Jadi aspek ekonominya juga bisa dapat," papar ahli tata kota ini.

Asep Hidayat, Ketua RW 05 Kelurahan Cipamokalan, menyambut baik program pengolahan sampah tersebut. "Kami berterimakasih atas bantuan mesin ini. Mudah-mudahan bisa mengatasi masalah sampah di lingkungan kami," jelas Asep setelah menerima bantuan mesin.

Selain penyerahan mesin pencacah sampah, Kang Emil juga memberikan penyulusan lingkungan berkaitan dengan penanganan bencana, terutama kebakaran.

"Intinya jangan panik. Tirulah orang Jepang dalam menghadapi bencana. Kita harus siapkan peralatan darurat di rumah masing-masing, termasuk alat sederhana untuk memadamkan api," jelasnya.***
Ridwan Kamil Programkan 1.500 Mesin Pengolah Sampah Reviewed by PKS Bandung on 15.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.