Dewan Dorong Pemkot Bandung Evaluasi Operasi Pasar

 

Dinas Perdagangan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menggelar Operasi Pasar Beras Medium (SPHP) dan Pasar Murah di 30 Kecamatan. Pada tanggal 19 hingga 23 Februari kegiatan sudah digelar di 15 Kecamatan.

Pekan ini, mulai 26 Februari sampai 1 Maret, Operasi Pasar Beras Medium SPHP dan Pasar Murah akan digelar di 15 Kecamatan lainnya. Selama Pelaksanaan kegiatan di beberapa lokasi, atrean panjang kerap terjadi. Warga rela antre sejak pagi hari untuk mendapatkan 5 kilogram beras medium.

Antrean warga membeli beras

Terkait antrean operasi pasar tersebut, anggota DPRD Kota Bandung Andri Rusmana menilai, pola dari penyalurannya bisa diubah. Misalnya dengan mengantarkan langsung beras ke rumah warga yang sudah didata sebelumnya.

Selain menghindari antrean panjang yang bisa saja membuat warga berdesakan, juga untuk mencegah adanya masyarakat mampu yang ikutan membeli atau malah memborong beras medium tersebut.

“Sistem penyalurannya harus jelas saya pikir, ngapain harus di Kelurahan atau Kecamatan. Kenapa polanya tidak kita yang mendatangi masyarakat, mengantar istilahnya COD kalau jaman sekarang,” ungkap Andri.

“Dan sehari sebelumnya petugas Kelurahan melalui RT RW sudah mendata dan menanyakan Masyarakat yang mana yang akan membeli agar tepat sasaran. Jangan sampai orang kaya ikut antre dan memborong melalui antren-antean itu,” sambungnya.

Menurut Andri, pola tersebut bisa saja dilaksanakan dan hal itu tidaklah salah. Selain tepat sasaran, dengan pola ini juga menjadi bentuk pemerataan.

“Seharusnya sebagai bentuk pelayanan yang maksimal dan ketepatan sasaran yang membutuhkan, tidak salahnya berjualanya dengan mendatangi ke rumah masyarakat. Selain itu juga dalam bentuk pemerataan tidak hanya Masyarakat disekitar kecamatan atau kelurahan,” ungkapnya.

Diharapkannya, Pemkot Bandung melakukan evaluasi terhadap kegiatan operasi pasar murah. Terutama masalah antrean yang cukup panjang, yang sempat menjadi viral.

Seperti diketahui, ribuan warga Kecamatan Buahbatu antre pagi untuk mendapatkan beras medium dengan harga Rp 53.000/pax atau Rp 10.600/kg di kegiatan Operasi Pasar Beras Medium SPHP dan Pasar Murah di Komplek Mustika Hegar, Senin (19/2). Kegiatan ini digelar Dinas Perdagangan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mulai 19 Februari sampai 1 Maret 2024.

Warga yang datang pad Operasi Pasar Beras murah SPHP ini cukup membludak. Warga pun berdesakan dan sempat terjadi dorong mendorong. Lewat pengeras suara, petugas pun terus mengingat agar warga antre dengan tertib.

 

 

 

Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar