Fraksi PKS Siap Tuntaskan Masalah Para Pedagang Pasar Baru

Pedagang Pasar Baru dihadapkan dengan situasi permasalahan yang begitu komplek, dimulai dari daya beli masyarakat menurun karena dampak pandemi Covid-19, akan berakhirnya Surat Pemakaian Tempat Berjualan (SPTB) tertanggal 31 Desember 2023 hingga PT DSMJ sebagai pengelola Pasar Baru dinilai tidak kompeten.

Para Pedagang Pasar Baru berfoto bersama dengan anggota DPRD

Aliansi Pedagang Pasar Baru Bersatu (AP2B2) merupakan organisasi gabungan dari 3 organisasi besar di Pasar Baru diantaranya Perkumpulan Pedagang Pasar Baru Trade Center (P3BTC), Forum Komunikasi Pedagang Pasar Baru (FOKUS) dan Persatuan Pedagang Pasar Baru Bandung (P3B2), menggeruduk ruang Fraksi PKS DPRD Kota Bandung, diterima langsung oleh Agus Salim (Komisi B), H. Asep Mulyadi (Komisi B) dan H. Andri Rusmana (Komisi D).


Haidir Wakil Ketua AP2B2 saat menjelaskan tuntutan

AP2B2 melayangkan tuntutannya diantaranya perpanjang SPTB selama 2 tahun tanpa syarat, minta biaya service charge dibebaskan dan Perjanjian Kerjasama Perumda Pasar Juara dengan PT DSMJ segera dievaluasi.

"Sebenarnya tuntutan kita sederhana, ada tiga tuntutan kita itu, pertama, mohon diperpanjang SPTB selama 2 tahun tanpa syarat, kedua, bebaskan service charge selama 2 tahun masa pandemi karena disitu ada force major, dan mengevaluasi perjanjian kerjasama antara Perumda Pasar dengan PT DSMJ," kata Haidir wakil Ketua AP2B2.

H. Asep Mulyadi

H. Asep Mulyadi mengapresiasi AP2B2 yang telah menyampaikan aspirasinya ke Fraksi PKS.

"Saya mengapresiasi ini disampaikan ke Fraksi PKS, dengan disatukan menjadi aliansi pedagang Pasar Baru bersatu ini menjadi satu suara," ucap H. Asep Mulyadi.

Para pedagang pun menaruh harapan kepada Fraksi PKS untuk menuntaskan masalah yang tengah dihadapi. Asep menyebut sikap pedagang sebagai penghargaan dan tambahan motivasi untuk menyuarakan aspirasi.

"Teman-teman AP2B2 punya harapan besar ke Fraksi PKS, itu suatu penghargaan bagi kami dan tentunya ini tambahan motivasi buat kami untuk menyuarakan aspirasi terkhususnya teman-teman aliansi pedagang Pasar Baru Bersatu ini," ucap H. Asep Mulyadi.

Agus Salim

Agus Salim menilai kondisi 38 Pasar di Kota Bandung memprihatinkan termasuk Pasar Baru, lantaran sumber permasalahannya terletak pada perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Bandung dengan pengelola. Ia menyebut pihak eksekutif kurang jeli memperhatikan detail isi dari perjanjian kerjasama tersebut alhasil para pedagang yang menjadi korbannya.

"Semua Pasar di Bandung itu koleps karena sumber permasalahannya di perjanjian kerjasama, nampaknya pejabat eksekutif melakukan perjanjian kerjasama kurang memperhatikan pertimbangan," ucap Agus Salim.

H. Andri Rusmana

H. Andri Rusmana juga menyambut positif aspirasi yang dilontarkan AP2B2 menjadi penyemangat dalam perjuangan.

"Tentunya apa yang telah disampaikan, sebetulnya di kita di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini semangat perjuangan ini satu nafas terkait hal pasar ini, karena pasar ini bukan hal baru bagi kita dan pasar ini menyangkut hajat hidup orang banyak," ujar H. Andri Rusmana.

Suasana audiensi

Fraksi PKS bertekad siap membersamai para pedagang dalam menuntaskan permasalahan yang dihadapi para pedagang.

"Untuk pasar ini kita akan berjuang sabubukna sampai betul-betul selesai dari hulu sampai hilirnya, dan kami akan menjadi bagian dari perjuangan teman-teman sekalian, teman-teman tidak sendirian, karena ini menjadi perjuangan kita bersama," ujar H. Andri Rusmana.

Suasana audiensi

Politisi PKS ini pun berharap tiap langkah perjuangan ini menjadi amal sholeh dan berdampak besar kepada manajemen Pasar menjadi lebih baik.

"Mudah-mudahan apa yang kita perjuangkan ini menjadi amal sholeh dan berdampak besar bagaimana manajemen Pasar kedepan, dan saya berharap teman-teman sekalian tidak hanya menjadi objek tapi menjadi subjek menentukan bagaimana Pasar kedepan," harapnya.

 




Ahmad Farid Fakhrullah





Posting Komentar

0 Komentar