Top Ad unit 728 × 90

Merasakan Kesejukan Mushola BIP


Letak mushola di lantai 3 Bandung Indah Plaza, Jl Merdeka Bandung. Mall yang identik dengan keriuhan feysen dan kuliner, begitu masuk mushola terasa kesejukan. Tidak seperti mall lain yang menempatkan mushola di lantai dasar atau di basement. Bahkan ada yang menempatkam mushola ditempat yang seadanya saja. Mushala BIP justru ada dilantai paling atas 

Mushola cukup luas, terpisah antara laki-laki dan perempuan. Tempat wudhunya nyaman dan bersih walupun tidak terlalu luas. Ada rak penyimpanan sepatu. Ada seorang pengurus mushola yang mengatur jamaah tatkala waktu sholat tiba. Beberapa waktu lalu saya sholat maghrib di BIP antrian jamaah yang akan sholat nampak berjubel. Saya merasaakan suasa religius di tengah keramaian mall.

Belum semua mall menyediakan yang nyaman dan memadai. Peraturan Daerah Kota Bandung sudah mengatur tentang hal ini. Dalam Perda Kota Bandung no. 5 tahun 2010 tetang Bangunan Gedungpasal 81 : 
"Setiap bangunan gedung untuk kepentingan umum harus menyediakan kelengkapan prasarana dan sarana pemanfaatan bangunan gedung, guna memberikan kemudahan bagi pengguna bangunan gedung untuk beraktivitas di dalamnya meliputi: ruang ibadah, ruang ganti, ruang bayi, toilet, tempat parkir, tempat sampah, serta fasilitas komunikasi daninformasi". Penjelasan pasal ini menyebutkan "Penyediaan ruang ibadah direncanakan dengan pertimbangan mudah dilihat, dicapai, dan diberi rambu penanda, serta dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kebutuhan ibadah"

Implementasi dan sosialisasi Perda ini arus gencar dilakukan Pemerintah Kota Bandung. Kedepannya harus menjadi dasar dalam pemberian izin mendirikan bangunan mall, pertokoaan dan pusat perbelanjaan lainnya.

Merasakan Kesejukan Mushola BIP Reviewed by PKS Bandung on 21.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.