Top Ad unit 728 × 90

Aher Beri Kejutan Untuk Jawa Barat




Waduk di salah satu Kabupaten Sumedang
Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam, tidak hanya tanah yang subur tetapi juga sumber daya air yang melimpah, dan semakin tinggi teknologi maka semakin dimudahkan pula masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada.

Tak dapat dipungkiri, bahwa hampir seluruh masyarakat dunia kini menggunakan barang elektronik dan itu mengakibatkan, kita harus memiliki sumber daya listrik yang mencukupi kebutuhan masyarakat. Salah satu media penghasil tenaga listrik kita yaitu waduk. Benar, telah banyak waduk dibangun terutama di Jawa Barat. Dan Tahukan kalian?

Waduk pertama dan kedua terbesar ternyata ada di kawasan Jawa Barat. Begitu bangga nya kita mempunyai bendungan yang besar dan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Jawa Barat.
Setelah waduk Jatiluhur (waduk pertama terbesar di Indonesia), kini cita-cita lama Indonesia yaitu sejak 1973 akan segera menjadi kenyataan. Dan cita-cita ini telah berhasil direalisasikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yaitu berupa waduk terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Dan waduk ini menjadi waduk terbesar kedua di Indonesia.

Waduk JatiGede
Benar sekali, Waduk Jatigede sesuai dengan nama kawasan dimana waduk ini dibangun, kini telah siap beroperasi. Dan siap untuk memenuhi kebutuhan perairan dan tenaga listrik di kawasan jawa barat dan sekitar nya. Banyak manfaat yang akan kita dapat dari Waduk Jatigede ini. Berikut adalah beberapa faktanya,
1. Luas 1.766 ha
2. Menampung 1 Milyar Kubik air
3. Mengairi 90.000 hektar sawah
4. Berfungsi sebagai pengendali banjir
5.Menghasilkan 110 Megawatt listrik, menerangi sepertiga pulau Jawa dan memasok listrik untuk pulau Bali.

Dari fakta diatas, ternyata bukan hanya listrik yang dihasilkan, tetapi juga menjadi sarana pengairang untuk sawah, dan bukan ratusan hektar lagi yang dialiri, tetapi puluhan ribu hektar. Maka, dengan beroperasi nya waduk ini bukan hanya aspek pelistrikkan yang diuntungkan tetapi para petani pun mendapat keuntungan dari nya. Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa waduk ini akan menjadi sumber manfaat yang menguntungkan kawasan Pulau Jawa.

Dan ini menjadi gebrakan terbaru akan kepemimpinan Aher dalam memajukan sumber daya di Jawa Barat selain sebagai konsumen, jawa barat juga menjadi pemasok kebutuhan untuk masyarakat di Pulau Jawa.Mari kita doakan agar waduk ini dapat beroperasi dengan baik dan memenuhi semua kebutuhan masyarakat bukan hanya di Pulau Jawa saja tetapi hingga pulau Bali. Desember 2014 sudah akan mulai proses penggenangan. 
(Ipah)
Aher Beri Kejutan Untuk Jawa Barat Reviewed by PKS Bandung on 21.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.