Marak Terjadi Kejahatan, Khairullah: Benahi Lingkungan Keluarga

 

Menyikapi maraknya tindak kejahatan yang terjadi di Kota Bandung, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung Khairullah menilai ada tindakan yang harus segera dilakuan untuk mencegah kejahatan terjadi.

Lelaki yang akrab disapa Iyung ini melihat setidaknya ada dua kategori yang bisa dilakukan oleh Pemkot Bandung dan seluruh stakeholder untuk mencegah kejahatan di Kota Bandung.

Khairullah

“Yang pertama adalah beberapa hal yang harus segera dilakukan, seperti patroli, hidupkan kembali siskamling, dan perbaikan fasilitas umum yang terkait upaya mendukung keamanan, seperti PJU dan PJL,” ujar Iyung.

Selain itu, ada juga yang harus dilakukan bertahap namun komprehensif, karena hal tersebut perlu waktu. Seperti penguatan keluarga. Karena kejadian begal itu sering dilakukan oleh pelajar dan itu perlu didikan dari rumah.

“Ini perlu waktu, bertahap dan komprehensif. Semua stakeholder harus bersatu, tokoh agama, tokoh masyarakat sama-sama bertanggungjawab terhadap kondisi di Kota Bandung,” tuturnya,

Iyung melihat ada upaya Pemkot Bandung dalam upaya menyegerakan beberapa hal di atas.

Ditanya mengenai kejahatan di Kota Bandung, Iyung melihat sebenarnya tidak terlalu meresahkan, karena semua masih teratasi. Jika ada masyarakat yang sudah tidak aman keluar malam, Iyung mengatakan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

“Ini kan jaman media, satu kejadian bisa diviralkan sehingga resonansi luar biasa. Sebenarnya dulu lebih banyak lagi, tapi kan tidak diviralkan, sehingga resonansi tidak seluas sekarang,” tuturnya.

Di sisi lain, Politisi PKS ini pun juga menilai pihak kepolisan sudah maksimal dalam menjaga keamanan. Hanya saja keterbatasan personel dan alat. Iyung juga menilai yang menjadi penyakit kita dari dulu adalah, kebutuhan dan anggaran tidak sesuai.

“Kepolisisan sebenarnya sudah meminta CCTV kepada Pemkot Bandung. Tapi kita juga terkendala anggaran. Sehingga penyediaan memang bertahap,” terangnya.

 

 

Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar