RSUD Bandung Kiwari Kebakaran Lagi, Andri Rusmana Desak Pemkot Lakukan Evaluasi

 

Salah satu lantai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung Kiwari mengalami kebakaran pada Rabu 1 Februari 2023 pagi.

Kebakaran RSUD Bandung Kiwari yang beralamat di Kelurahan Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul itu tercatat terjadi dua kali sejak resmi berganti nama dari yang dulunya Rumah Sakit Ibu dan Anak.

H. Andri Rusmana

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bandung Andri Rusmana menyayangkan RSUD Bandung Kiwari yang menelan biaya Rp750 miliar kembali kebakaran untuk yang kedua kalinya.

“Mengingat baru 2 tahun operasional di gedung baru ini tetapi sudah 2 kali kejadian kebakaran. Maka perlu adanya evaluasi dan pemeriksaan ulang secara menyeluruh terhadap bangunan ini,” ujar Andri 

Andri menyebut, pemeriksaan ulang harus meliputi arsitektur, konstruksi dan instalasi instalasi lain, seperti instalasi gas medis, pendingin udara.

Menurut dia, hal ini untuk mengetahui lebih dini kemungkinan kemungkinan hal yang tidak diinginkan, tentu oleh tim tim ahli di bidangnya.

“Kita tidak bisa selalu menunggu kejadian demi kejadian lagi, tetapi harus bisa mendeteksi terhadap kekurangan kekurangan yang mungkin muncul saat gedung sudah terpakai selama 2 tahun ini,” tambah Anggota DPRD dari Partai PKS tersebut.

Dia mendesak pemkot Bandung untuk membentuk tim audit terhadap bangunan.

Menurut dia, Pemkot Bandung harus melibatkan atau minta pertanggungjawaban dari pihak kontraktor yang telah membangun gedung itu dan minta keterangan bagaimana bisa terjadi.

“Pokoknya untuk sekarang harus wajib semuanya di check ulang daripada di kemudian hari muncul di lantai lantai berikutnya,” pungkasnya.

 



Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar