Festival Sentra Cibaduyut Bangkitkan Pamor Produk Lokal

 

H. Asep Mulyadi anggota Komisi B DPRD Kota Bandung mengapresiasi terselenggaranya acara Festival Sentra Cibaduyut yang berlokasi di Cihampelas Walk Bandung. Acara ini digagas oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung.

H.Asep Mulyadi

"Luar biasa sekali, acara yang digelar dengan menunjukkan produk lokal hasil karya sendiri dengan kualitas yang ga main-main, mampu bersaing dipasar nasional maupun internasional," kata H. Asep Mulyadi.

Politisi PKS ini pun konsisten mendukung dan memberikan semangat kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan berharap dapat bersaing hingga mancanegara.

H. Asep Mulyadi berbincang dengan pengrajin sepatu

"Kami terus mendukung dan memberikan semangat kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) peserta Festival Sentra Industri Cibaduyut untuk terus berdaya dan bisa bersaing hingga mancanegara," ujar H. Asep Mulyadi.

Festival tersebut dilatarbelakangi pamor sentra sepatu di kawasan Cibaduyut terus mengalami penurunan dalam sepuluh tahun terakhir termasuk dikala masa pandemi Covid-19.

H. Asep Mulyadi berbincang dengan pengrajin sepatu

Salah seorang pengrajin sepatu di Cibaduyut Syamsuludin mengaku mulai menggeluti bisnis sepatu di Cibaduyut sejak tahun 2006. Ia pun sempat merasakan masa kejayaan bisnis sepatu pada tahun 2000-an.

Namun seiring waktu, pamor sentra industri sepatu di Cibaduyut terus menurun. Ia memperkirakan hal itu terjadi karena gempuran produk impor yang masuk ke Indonesia khususnya ke Kota Bandung.

"Dulu berjaya bahkan jadi nomor satu, tapi sekarang menurun karena ada produk impor," ujar Syamsuludin saat acara Festival Sentra Cibaduyut di Cihampelas Walk (Ciwalk) kota Bandung.

Di utarakannya, dengan kondisi itu, ia memutar otak agar usaha yang dijalaninya tetap berjalan dan tidak macet. Salah satu strategi yang dilakukannya saat ini yaitu menjual produk sepatu secara online serta belajar memahami seluk beluk jual beli di marketplace.

Ia pun berharap agar pemerintah dapat mengintervensi harga bahan baku sepatu dan lebih dipermudah. Sebab dua hal tersebut dapat membuat harga produksi bisa lebih bersaing," Dari luar tolong impor jangan dimanja banget perhatikan kami sebagai produk lokal," paparnya.

Dikatakan bahwa kualitas produk sepatu Cibaduyut tidak kalah bagus dengan produk impor atau di dalam negeri. Apalagi Cibaduyut sudah dikenal sebagai sentra industri sepatu.

 

 

Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar