Anggaran Ditambah, Permasalahan Sampah Selesai?

 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengalami kendala dalam menjalankan tugasnya mengangkut sampah. Menurut DLH terbatasnya anggaran untuk operasional tenaga kerja dan kendaraan pengangkut sampah, menjadi faktor utamanya. Mengingat sampah terus diproduksi tiap harinya maka DLH mengambil langkah mengajukan tambahan anggaran pada APBD perubahan.

“Dulu sempat ada wacana kenaikan retribusi sampah namun sudah dibatalkan karena banyak penolakan, maka DLH berencana menambah anggaran pengelolaan sampah pada APBD perubahan mendatang,” kata Sandi Muharam usai melakukan rapat kerja Komisi, Jum’at (17/6) siang.

Sandi Muharam

Menurut Sandi Muharam anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, baik buruknya penanganan pengelolaan sampah dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat, maka eksekutif dan legislatif duduk bersama menyiapkan strategi perencanaan pengelolaan sampah secara komprehensif dan serius.

“Permasalahan dalam penanganan pengelolaan sampah ini dampaknya akan sangat terasa oleh masyarakat Kota Bandung. Sehingga eksekutif, Dinas dan DPRD itu harus menyiapkan strategi perencanaan pengelolaan sampah ini secara komprehensif baik secara teknis ataupun secara pembiayaan,” kata Sandi Muharam.

 Sekretaris Fraksi PKS ini pun berharap bila pengajuan anggaran terealisasi, DLH melakukan pengelolaan sampah dengan lebih baik dan mampu menyelesaikan kendala teknis pengangkutan dari sumber sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Kami berharap DLH dapat menuntaskan permasalahannya diantaranya bagaimana pengelolaan sampah dengan sebaik mungkin, tidak ada lagi kendala teknis yang dihadapi dalam proses pengangkutan sampah menuju TPA,” harap Sandi Muharam.

Tambahnya, sinergitas dan kolaborasi semua elemen masyarakat menjadi faktor penting.

 



Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar