Top Ad unit 728 × 90

Mengenal Mindful Eating di Tengah Pandemi Covid-19



bandung.pks.id - Pandemi corona saat ini mengantarkan kita pada sebuah lingkungan baru yang tidak pernah kita terka sebelumnya. Hilir mudik pasar, kegaduhan teman sekelas,  pengajian, bahkan tempat nongkrong yang menjadi sasaran kini tak lagi ramai, social distancing menjadi awal bagi berbagai sektor kehidupan.  Saat wabah ini berlangsung, kita akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Tak ayal, akibat kurangnya bergerak dan aktivitas fisik akan meningkatkan resiko kesehatan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga gaya hidup sehat dan fit selama berada di rumah. Hal ini bisa dimulai dari diri kita sendiri dengan tetap menjaga social distancing, menjauhi kerumunan dan juga pola hidup yang sehat.

Dengan berkurangnya aktivitas fisik, maka tugas kita untuk memberikan perhatian lebih bagaimana porsi dan asupan tubuh  sesuai kebutuhan di masa pandemi. Sederhananya, tidak ada makanan atau suplemen yang dapat meningkatkan system imun secara signifikan dan mencegah COVID-19. Namun, dengan makan-makanan yang seimbang seperti buah-buahan, sayuran, gandum, protein hewan dan nabati merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang kita butuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan meningkat fungsi kekebalan tubuh. 

Tak bisa dipungkiri di masa pandemi saat ini merupakan hal normal untuk merasa takut, cemas, sedih dan stres. Selama periode ini pun, barang kali kita menemukan fakta bahwa dengan berada di rumah dalam jangka waktu tertentu dapat membuat kita jenuh dengan kebosanan juga makan lebih banyak daripada yang kita butuhkan. Mengkonsumsi sekantong besar keripik kentang ketika mengerjakan tugas ataupun makan dalam jumlah porsi yang besar tanpa disadari menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan kenaikan berat badan tanpa disadari. Salah langkah kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur waktu makan dan membuat jadwal makan yang teratur. Dengan mempraktekan makan dengan penuh kesadaran (mindful eating) melibatkan emosi ketika makan, memperhatikan sepenuhnya apa yang kita makan, dsb. Hal ini dapat mengontrol bagaimana asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. (Kiki)


Sumber :
hellosehat.com
lemonillo.com 
blueocean-tc.com
tirto.id



Mengenal Mindful Eating di Tengah Pandemi Covid-19 Reviewed by Ipah umu abiba on 11.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.