Top Ad unit 728 × 90

Beginilah Ulah Relawan PKS saat di Lombok


Ketika hingar bingar hari kemerdekaan tersaji dimana-mana, sekelebat terpikir nasib anak-anak di kawasan timur Indonesia. Mereka anak-anak Lombok yang menjadi korban gempa dengan kekuatan 6,4 sekala Richter. Saat ini masih terpapar dan banyak diantaranya harus melakukan trauma healing. Gegap gempita acara televisi, atau kemeriahan menyambut suasana kemerdekaan yang ada di sekitar kita, nampaknya buat anak korban gempa sejenak terlupakan. 



Kepanduan PKS melakukan trauma healing di Lombok Utara

Atas keprihatinan inilah, terhitung 15 Agustus kemarin PKS mendirikan sekolah pertama trauma healing di kawasan bencana dengan fasilitas darurat seadanya. Relawan yang sengaja didatangkan dari berbagai DPD di kota Indonesia ini, dan berkompeten di bidangnya sengaja diperbantukan khusus mengatasi trauma yang terjadi pada anak-anak korban gempa.

Sekolahnya di Rumah Khidmat PKS, dengan fasilitas seadanya. Alat peraga atau alat tulis semua disediakan oleh kader PKS”, kata Suryadi selaku Koordinator Lapangan Tim Nasional Tanggap Bencana PKS.

Bermain yang merupakan salah satu cara agar anak-anak terhindar dari trauma berkepanjangan. Konon kalau trauma ini dibiarkan, khawatir dapat berdampak buruk terhadap psikologi anak-anak. Seperti menyendiri, susah tidur, sedih berlarut-larut, dan rasa takut yang tak berujung.

Kehadiran relawan PKS selalu dinanti mereka para korban gempa. Terbukti di setiap posko yang didirikan PKS di 15 titik di Lombok, selalu diserbu anak-anak. Tak ketinggalan juga, hadir di antara mereka  12 relawan PKS kota Bandung, yang dilepas oleh walikota terpilih Oded M. Danial hari minggu, 12 Agustus 2018. Para relawan merupakan anggota kepanduan yang sudah terlatih dalam tanggap bencana dan rehabilitasi bencana.

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Semoga bencana yang melanda Lombok ini mendatangkan hikmah kepada masyarakat Indonesia umumnya, agar lebih mendekatkan diri kepada sang Khaliq. Sehingga timbul rasa syukur yang mudah-mudahan membuat Allah menambah  kenikmatan bagi bangsa Indonesia yang tepat 17 Agustus tahun ini merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke-73.



 Tiesna
Beginilah Ulah Relawan PKS saat di Lombok Reviewed by Ahmad Farid Fakhrullah on 21.27 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.