Top Ad unit 728 × 90

14 Peluang Pemuda Kreatif

Ilustrasi

Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor yang tidak ada matinya. Dari waktu ke waktu pertumbuhan ekonomi kreatif ini begitu mencengangkan. Ketika awalnya hanya menjadi pilihan terakhir di daerah-daerah pedesaan/perkampungan untuk memajukan serta mengenalkan daerahnya, kini telah berkembang menjadi pilihan paling menarik yang begitu menggoda. Ketika dahulu hanyalah orang-orang tua yang menguasai sektor ekonomi kreatif kini justru anak-anak mudalah yang menjadi penggiat di sektor ini. Fase ini akan terus berkembang dan berkembang, karena begitu banyak hal yang masih bisa diolah dan dijadikan sesuatu yang baru yang bernilai jual tinggi.

Dalam seminar kebangsaan bertajuk sosialisasi 4 pilar MPR RI (18/7), kewirausahaan serta kepemudaan terus digaungkan demi tercapainya kuota 4% warga negara Indonesia menjadi pelaku usaha. Salah satu pembicara, Dr. Mardani Ali Sera membahas tentang geliat ekonomi kreatif ini. Beliau menyebutkan 14 sektor ekonomi kreatif yang saat ini sedang digandrungi bahkan tidak menutup kemungkinan akan terus diminati hingga bertahun-tahun yang akan datang. Sektor ekonomi tersebut ialah:

1. Periklanan
Periklanan menjadi urutan no 1 karena iklan merupakan sesuatu yang akan selalu dibutuhkan bagi pelaku usaha baik skala besar maupun skala kecil.

2. Arsitektur
Saat ini orang-orang mulai memperhatikan seni-seni keindahan pada rumahnya, terlebih ketika perkuliahan desain-desain menjadi booming di kalangan pemuda.

3. Pasar seni dan barang antik
Mengapa barang antik? Karena barang antik semakin lama harga jualnya akan semakin tinggi

4. Kerajinan
Banyak kerajinan yang sekarang dimodifikasi sehingga lebih menarik.

5. Desain grafis dan interior
Tidak jauh berbeda dengan arsitek yang semakin diminati, maka hal-hal yang lebih mendetail seperti desain interior juga semakin diminati.

6. Fashion
Berapa banyak model hijab? Berapa banyak cara pakai hijab? Dan berapa banyak penjual hijab? Itulah alasan mengapa dunia fashion tidak pernah ada matinya.

7. Video, film, fotografi
Jika memiliki hobi dibidang ini, teruslah tekuni.

8. Permainan interaktif (games)
9. Musik
Terlepas soal halal atau haramnya musik, melihat peluang industri musik yang semakin bervariatif, tidak ada salahnya untuk melirik bisnis dalam dunia musik ini.

10. Seni pertunjukan
Ketika di luar negeri sana membeli tiket pertunjukan akan menjadi sangat mahal, kita hanya tinggal menunggu itu terjadi di Indonesia.

11. Penerbitan dan percetakan
Siapa bilang ketika teknologi merajalela maka buku akan punah? Tidak, buku akan tetap menjadi sesuatu yang dicari meski e-book sudah menjamur dimana-mana.

12. Layanan komputer dan perangkat lunak
Jelas, karena teknologi akan terus berkembang serta setiap orang seolah-olah tidak pernah mau ketinggalan teknologi terkini.

13. Televisi dan radio
Televisi dan radio akan selalu dibutuhkan sebagai alternatif hiburan bagi orang-orang. Contohnya radio saja yang dikira akan segera punah ternyata tetap berjaya sampai kini.

14. Riset dan pengembangan
Para peneliti pun akan tetap dicari, karena masih banyaknya penelitian yang harus dilakukan.

Itulah 14 sektor ekonomi kreatif yang bisa dijadikan peluang bagi pemuda masa kini. 14 point tersebut bisa saja bertambah di tahun-tahun berikutnya. Hanya pesan untuk anak-anak muda tetaplah fokus pada bidang-bidang itu, terutama yang memiliki minat di dalamnya.
14 Peluang Pemuda Kreatif Reviewed by Ipah Abiba on 11.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.