Top Ad unit 728 × 90

Lakukan Hal Ini, Dijamin Karyawan Betah Di Kantor


pksbandungkota.com - SEBUAH kantor sedang memberikan apresiasi untuk karyawan-karyawannya. Tahun ini mulai diberlakukan award bagi yang banyak memberi semangat kontribusi tahun tersebut akan diberangkatkan umrah. Karyawan pun bahagia.

Bekerja bukan hanya sebagai rutinitas untuk mencari penghidupan. Bagi sebagian orang lainnya bekerja bertahun-tahun, duduk, dan aktivitas yang sama setiap harinya membuat kejumudan luar biasa. Permasalahan adalah ketika bekerja di tempat yang bukan berkecimpung di dunia kreativitas. Hal tersebut terkadang dianggap hanya rutinitas semata. Setelah bekerja, pulang dan tidak ada yang istimewa. Tapi bekerja dengan menyenangkan dapat membuat karyawan betah dan tak mau berpaling ke lain hati. (baca: kantor lain).

1. Performance karyawan : memicu kreativitas karyawan
Untuk menciptakan lingkungan kerja yang memiliki kreativitas karyawan, bisa juga dengan mengadakan program performance setiap harinya. Cukup dengan 15 menit setiap hari sebelum pekerjaan kantor dimulai, yakni karyawan secara bergantian tampil dan berbagi tentang berbagai hal, sesuai dengan tema bulan tersebut. Bisa tentang hal-hal yang menginspirasi, motivasi dalam bekerja, performance sesuai minat dan bakat kita, misal membacakan kisah, bernyanyi, membaca puisi. Atau juga menceritakan hal-hal lucu untuk merefresh sebelum pekerjaan dimulai. Hal tersebut selain untuk melatih tampil di depan teman-teman satu kerjanya, lebih mengenal pemikiran satu sama lainnya, juga memicu kreativitas karyawan.
Sebenarnya dengan performance bukan menjadi beban bagi karyawan, namun memicu rasa kreatif pada karyawan di samping pekerjaan yang itu-itu lagi, sekaligus kita dapat meningkatkan kemampuan (Skill) public speaking kita.

2. Setiap kantor memiliki standar memberi award bagi karyawannya
Bagi sebagian karyawan, bonus tahunan untuk karyawan, juga apresiasi bagi mereka yang telah memberi kontribusi besar mendapat bonus lagi selain gaji untuk memberikan loyalitas seseorang tersebut kepada kantor dan tidak berpindah ke lain hati sebenarnya patut diperhitungkan.
Ada juga kantor mengapresiasi dengan karyawan teladan yang bukan bulanan, namun tahunan dan diberi award tertentu, misalnya diberangkatkan umrah oleh kantor, hal tersebut  bisa menjadi pemicu bagi karyawan untuk semangat bekerja setiap tahunnya agar mencapai yang terbaik.

3. Suasana kerja yang menyenangkan
Banyak bos atau atasan yang baik secara langsung ataupun tidak dengan sesekali memberikan hadiah untuk karyawannya. Bisa dengan mentraktir karyawannya, nonton bareng, dan lain sebagainya.
Dengan program nonton bareng misalkan, secara tidak langsung hal tersebut dapat merefresh kejenuhan karyawan dan dapat membuat karyawan peduli dengan konten cerita. Seorang scriptwriter dalam sebuah kantor, dia bila diajak nonton, dia dapat membaca cerita dalam film tersebut dan dapat menjadi inspirasi dalam menulis cerita.
Bagi illustrator, gambar animasi dalam film atau teknologi yang canggih bisa menambah ide yang dalam bagi seorang illustrator.
Hal yang dapat mengeratkan ukhuwwah yakni dengan memberi, menumbuhkan cinta, dan kasih sayang karena teman sesama kerja dengan menolong dalam hal-hal yang mampu menolongnya.
Setiap kantor memiliki caranya masing-masing untuk memicu kreativitas karyawannya. Ada juga yang mengajak karyawannya rihlah atau hang out dan jalan-jalan ke tempat liburan seperti Sari Ater, dan sebagainya.

Akhirnya kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, tidak jumud atau dalam kejumudan, dan ada tantangan setiap harinya. Semoga kelak karyawan bisa mendapatkan hasil yang terbaik di samping telah berjuang produktif dan loyal terhadap kantor.
(Sri)
Lakukan Hal Ini, Dijamin Karyawan Betah Di Kantor Reviewed by Ipah Abiba on 07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.