Top Ad unit 728 × 90

Banjarmasin Tertarik Konsep Smart City Kota Bandung



Pemerintah Kota Bandung menerima kedatangan jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. Maksud kedatangan rombongan yang berjumlah 15 orang tersebut adalah untuk melakukan studi banding kepada Pemerintah Kota Bandung.
Rombongan diterima langsung oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil di Bandung Command Center (BCC), Kamis (12/05/2016). Para tamu lantas diperkenalkan dengan sistem smart city langsung oleh Ridwan.
Pemerintah Kota Banjarmasin sangat tertarik untuk mempelajari konsep dan sistem smart city yang dibangun oleh Kota Bandung. Ibnu Sina mengaku bahwa dirinya ingin membangun konsep yang sama di kotanya.
“Kami banyak yang menawari teknologi smart city. Tapi kami ingin pelajari dulu sistemnya,” ujar Ibnu.
Terkait dengan permintaan tersebut, Ridwan menyatakan keterbukaannya. “Kami bisa berbagi sistem ini dengan Kota Banjarmasin. Gratis. Atas nama NKRI,” ungkap Ridwan disambut dengan tepuk tangan hadirin.
Perihal berbagi, Ridwan mengusung konsep kolaborasi Kota Bandung. Menurutnya, untuk bisa membangun negeri ini semua orang harus bekerja sama.
“Perbanyak kata kolaborasi, kurangi kata kompetisi,” tutur Ridwan.
Selain soal smart city, isu kekumuhan juga menjadi poin diskusi. Kota Samarinda memiliki wilayah kumuh di daerah bantaran sungai, persis seperti yang terjadi di wilayah Babakan Siliwangi. Pembangunan Teras Cikapundung pun menjadi perhatian.
Dalam menghadapi persoalan kekumuhan, Ridwan menyarankan agar wali kota melakukan komunikasi secara terus menerus kepada masyarakat dengan dibarengi dengan pendekatan solutif agar masyarakat dapat mengerti dan menerima.
Selain Teras Cikapundung, rombongan juga akan meninjau lokasi pedestrian di Jalan Riau yang menurut mereka layak dijadikan percontohan. Ridwan pun menerangkan konsep pancatrotoar yang digunakan di Kota Bandung, yakni tempat duduk, petunjuk jalan, lampu, tanaman, dan pembatas jalan berupa bola-bola batu yang menjadi ciri khas Kota Bandung.
“Nanti setelah jalan-jalan di Jalan Riau jangan lupa belanja ya, Pak,” ujar Ridwan disambut tawa hadirin.
Ke depannya, Ridwan berencana akan mengirim tim juga ke Banjarmasin untuk mempelajari inovasi-inovasi di kota tersebut. Kunjungan diakhiri dengan bertukar cinderamata dan foto bersama.
Banjarmasin Tertarik Konsep Smart City Kota Bandung Reviewed by alimoel soekarno on 20.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.