Top Ad unit 728 × 90

Komputer Lelet? Ini Solusinya

pksbandungkota.com - Mood kamu lagi jelek karena komputer lelet setengah mati? Wah, ini harus segera diselesaikan. Tapi, seperti yang penulis share di 4 alasan kamu harus pikir 1000 kali sebelum install ulang, masalah ini gak bisa selesai bahkan bisa tambah parah dengan install ulang. Sebetulnya, Windows sendiri sudah menyediakan alat bantu bagi penggunanya untuk memeperbaiki kompinya secara mandiri. Nah, berikut ini alat bantu yang bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan masalah tanpa masalah.

  1. Defragment
Alternatif ini bakal berguna banget kalau komputer kamu lelet karena terlalu banyak data. Defragment akan ngerapihin data-data kamu secara fisik di harddisk. Jadi, anggap aja harddisk kita tuh kumpulan loker-loker. Setiap loker itu punya batas maksimum volume. Kalau data yang disimpan di loker melewati batas maksimum ini, maka data akan dibagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing disimpan di loker yang berbeda. Kompi kita bisa lelet karena proses pencarian bagian-bagian (fragments) itu yang gak efisien. Defragment mengefisiensi proses ini sehingga kompi mu bisa baca data dengan waktu yang lebih singkat dan menjalankan proses-prosesnya lebih cepat.

Untuk melakukan defragment, kamu cukup melakukan hal di bawah ini :
(gambar di bawah ini adalah tampilan untuk Windows 10. untuk windows sebelumnya, langkahnya sama, tapi mungkin tampilannya berbeda)

1. Buka File Explorer
2. Klik kanan di partisi Harddisk yang diinginkan, pilih properties
3. Pada jendela yang muncul, Klik tab Tools dan pilih Optimize
4. Pada jendela yang baru, klik Optimize. Kalau jendela yang muncul (diminta izin administrator),
klik Yes aja.

Bila harddisk mu sudah tidak didefragment dalam waktu yang lama, proses ini akan jadi sangat lama. Komputer yang sedang menjalankan defragment tidak direkomendasikan untuk digunakan. Biarkan proses defragement berjalan sampai selesai. Tapi, jika memang sedang sangat dibutuhkan, klik stop aja, lalu lanjutkan defragment di lain waktu.

Masih lelet? Berarti kamu harus coba alternatif berikutnya.

  1. Disk cleanup
Jika komputer kamu lelet karena banyak data sistem yang tidak diperlukan lagi, ini adalah alternatif yang tepat. Disk cleanup, sebagaimana namanya, adalah alat bantu bagi pengguna untuk menghapus file-file yang tidak perlu. File-file ini dibuat sendiri oleh sistem atau program yang ada dalam kompi kamu. Makanya, seringkali kita tidak sadar bahwa file-file ini sudah berukuran sangat besar. Contoh file kategori ini adalah file update windows yang sudah lebih dari sebulan, file sementara yang disimpan oleh program, atau file tampilan cepat untuk setiap gambar dan video kita (thumbnail).

Untuk menggunakan alat bantu ini, langkahnya adalah :
1. Buka File Explorer
2. Klik kanan di partisi Harddisk yang diinginkan, pilih properties
3. Klik tab General, lalu klik Disk cleanup. Tunggu sampai proses kalkulasi selesai.
Setelah selesai, jendela Disk Cleanup akan muncul
4. Ceklist file-file yang ingin kita hapus. Bacalah tulisan di bagian Description supaya kamu tahu file apa yang akan kamu hapus.  Kamu juga bisa klik Clean up System Files untuk memilih file-file sistem yang tidak diperlukan. Klik OK.

5. Pada kotak dialog yang muncul, klik Delete Files. Tunggu sampai proses selesai.
Belum berhasil? Coba yang satu ini deh...

  1. Uninstall program yang tak digunakan lagi
Kompimu lelet mungkin memang karena sudah terlalu banyak program yang terinstall di dalamnya. Selain menghabiskan memori di Harddisk, program yang terlalu banyak juga akan menghabiskan banyak porsi penggunaan RAM. Kita sering tidak sadar karena beberapa program bisa berjalan bahkan tanpa kita panggil terlebih dahulu. Contoh program seperti ini adalah software updater.

Solusinya ya uninstall program-program yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut :
1. Klik tombol Start, lalu klik Control Panel (Win 7) / Settings (Win 8 & 10).

2. Klik Program and Features. Jendela Program and Features akan muncul.

3. Klik nama program yang ingin kita hapus, lalu klik tombol uninstall.

4. Pada jendela yang muncul, klik saja Next sampai proses selesai.


    Itu tadi alat-alat yang disediakan Windows untuk bantu mensolusikan masalah leletnya komputer kamu. Semoga bermanfaa.
    Bagaimana kalau cara-cara di atas masih belum memberikan hasil yang berarti? Berarti kamu wajib baca postingan teknologi yang berikutnya. Insya Allah, berikutnya penulis akan membahas alternatif lainnya dari luar Windows untuk menyelesaikan masalah komputer lelet.


    Jika kamu mengalami masalah dalam menjalankan langkah di atas, sampaikan saja dengan comment di bawah. Penulis akan sangat senang bila bisa membantu. (FNI)


    Komputer Lelet? Ini Solusinya Reviewed by Fady Noor Ilmi Lubis on 06.13 Rating: 5

    Tidak ada komentar:

    All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
    Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Diberdayakan oleh Blogger.