Top Ad unit 728 × 90

Mempersiapkan Fisik Siap Hadapi Pancaroba

Negara kita tercinta, Indonesia memiliki dua musim di setiap tahunnya yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Diantara dua musim tersebut, akan terjadi masa transisi pergantian cuaca yang cukup ekstrim. Perubahan musim dan suhu yang tidak menentu tersebut membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit, sehingga tubuh akan melakukan kerja lebih keras untuk melakukan pertahanan diri.

Dalam menghadapi musim pancaroba, dibutuhkan beberapa persiapan. Tidak cukup hanya menyiapkan payung dan jas hujan saja, tetapi perlu dibarengi dengan persiapan fisik yang cukup.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda dan keluarga terapkan agar tubuh tetap sehat dan fit menjalani aktivitas sehari hari.

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Hal paling mendasar dalam menjaga kesehatan tubuh kita adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tidak cukup hanya sekedar makan saja untuk menghilangkan lapar atau mengisi perut. Namun dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Salah satunya yaitu dapat dengan senantiasa menghadirkan menu sayur mayur dan buah buahan di setiap waktu makan Anda.

2. Konsumsi suplemen  
Selain makanan sehat dan bergizi, Anda dapat menambahkan suplemen agar tubuh tetap fit dan bugar. Seperti yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah, saw. suplemen yang baik salah satunya adalah madu. Selain itu Anda dapat mengkombinasikannya dengan suplemen lainnya seperti propolis, atau habbatussauda. Anda dapat mengkonsumsi 3 sendok madu dengan cara diminum langsung atau dapat dengan cara dilarutkan dalam segelas air dan dikonsumsi setiap hari.

3. Banyak minum air putih
Air mineral adalah minuman terbaik bagi tubuh kita. Karena air mineral dapat menetralkan racun racun yang ada dalam tubuh kita sedikit demi sedikit. Kita harus senantiasa menjaga kebutuhan air tubuh kita yaitu minimal 2 Liter tiap hari. Selain itu hindari minuman dingin karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan suhu di dalam tubuh. Ketika suhu di lingkungan sekitar kita dingin maka tubuh akan merespon dengan meningkatkan suhu di dalam tubuh agar tubuh tetap hangat. Perubahan suhu yang tiba-tiba dari konsumsi minuman dingin tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan suhu dan dapat memicu demam, penyakit flu, hingga radang tenggorokan.

4. Berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup
Menjaga tubuh agar tetap sehat masih belum cukup hanya dengan makanan sehat dan bergizi. Lebih dari itu, hendaknya juga rajin melakukan olahraga (riyadhah). Seperti Rasulullah saw. sampaikan..
Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai di sisi Allah daripada mukmin yang lemah, dan pada keduanya ada kebaikan... (HR. Muslim)
Berolahraga adalah kebutuhan jasad kita, sekaligus melatih ketrampilan tubuh kita agar mampu menghadapi berbagai medan yang berat. Selain itu, tubuh kita memiliki hak untuk diistirahatkan. Oleh karena itu lakukanlah istirahat yang cukup dan berkualitas.

5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan
Perubahan musim yang terjadi menyebabkan virus dan bakteri dapat dengan mudah dan cepat berkembang. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan kita agar virus dan bakteri tersebut tidak dapat bersarang di tubuh atau rumah kita. Diantaranya yaitu dengan melakukan pembersihan tempat penampungan air di rumah kita secara rutin, membersihkan air air yang menggenang, membersihkan selokan, dan membersihkan tempat sampah.

Demikian tips sehat singkat yang dapat kami berikan, semoga dapat menjaga diri kita dan keluarga agar tetap sehat dan bugar, serta tetap lancar menjalani aktivitas sehari-hari di tengah musim pancaroba ini. (Icha)
.


Mempersiapkan Fisik Siap Hadapi Pancaroba Reviewed by Masmaranti Khairunisa on 21.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.