Top Ad unit 728 × 90

Tragedi Mina, Nasib Jamaah Indonesia Belum Pasti


Setidaknya 310 orang telah tewas dalam kejadian berdesakan di ibadah haji tahunan, kata direktorat pertahanan sipil Arab Saudi.

Direktorat mengatakan setidaknya 450 jamaah lainnya luka-luka setelah terinjak jamaah lainnya yang berlangsung di Mina, di pinggiran kota suci Mekkah.

Sekitar dua juta orang mengambil bagian dalam haji tahun ini, yang dimulai pada hari Selasa.

Basma Atassi (Al Jazeera), mengatakan insiden itu terjadi di jalan antara kamp haji (makhtab-makhtab haji).

"Jalan ini bernama Jalan 204. Peristiwa ini tidak terjadi di lokasi lempar jumrah"

Sekitar 4.000 personil penyelamatan berpartisipasi dalam operasi ini untuk membantu korban luka dan sekitar 220 ambulans diarahkan ke tempat kejadian, kata seorang juru bicara pertahanan sipil.

Omar Alsaleh (Al Jazeera) , melaporkan dari Mekkah, mengatakan jumlah kematian mungkin meningkat.

"Ini hanya jumlah awal ... Diawal musim haji kali ini sudah dibayangi oleh kecelakaan derek yang menewaskan 107 orang dan melukai lebih dari 200," kata Alsaleh.

"Daerah ini telah berubah menjadi sebuah situs konstruksi besar besar untuk memungkinkan lebih banyak peziarah mengunjungi Mekkah selama haji."

"Mina memiliki lebih dari 160.000 tenda dibagi atas beberapa kamp, dan dengan 1,9 juta orang mengambil bagian dalam haji tahun ini, Anda akan memahami mimpi buruk logistik yang pemerintah Saudi akan hadapi."

Laporan Resmi Pemerintah

Belum ada laporan resmi korban tragedi Mina ini yang berasal dari Indonesia dan khususnya jamaah yang berasal dari Jawa Barat. Seperti diketahui Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan juga ambil bagian berhaji tahun ini.

Setelah Peristiwa jatuhnya Crane di Makkah beberapa waktu yang lalu, petugas penyelamat dari Indonesia lebih waspada karena tidak ada jaminan Jamaah Indonesia tidak menjadi korban.

Kasubag Informasi Kementerian Agama RI, Affan Rangkuti, mengatakan saat terjadinya tragedi Mina, jamaah haji asal Indonesia belum akan mengikuti lontar jumrah. Sebab menurut jadwal lontar jumrah untuk jamaah haji Indonesia baru akan dilaksanakan pada pukul 22.00 WIB.
"Menurut jadwal kita, jamaah Indonesia baru nanti malam masuk, karena mereka kan harus istirahat dulu, tapi kami enggak tahu kalau ada yang bergerak di luar jadwal," ujar Affan
Sampai saat ini, sambung Affan, pihaknya masih mencari tahu apakah ada jamaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam insiden itu.
Tragedi Mina, Nasib Jamaah Indonesia Belum Pasti Reviewed by alimoel soekarno on 17.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.