Top Ad unit 728 × 90

TETANGGA MEMANG BEGITU

.

Sejatinya, tetangga itu adalah yang tinggal 40 rumah kekiri, kanan, depan dan belakang rumah. Kalau yang tinggal di gang sempit, itu mencakup satu RT. Tak salah bila dikatan Rukun Tetangga karena memang jumlah umpinya kira2 segitu.

Tetangga adalah orang yang istimewa karena interaksi yang mungkin bisa dikatakan selama 24 jam. Bahkan Rasulullah meletakan posisi tetangga pada posisi yang istimewa. “Jibril senantiasa bewasiat kepadaku agar memuliakan (berbuat baik) kepada tetangga, sampai-sampai aku mengira seseorang akan menjadi ahli waris tetangganya”
(HR. Al Bukhari no.6014).

Dakwah yang terbaik bisa jadi dimulai dari sini, dari interaksi dengan tetangga. Sebab tak perlu kemampuan orasi dan kefasihan dalam mengurai ayat suci, tetangga akan mendengar dan melihat keseharian dalam tingkah dan akhlak seseorang. Bisa jadi ada orang yang terkenal sebagai Da’inasional, tetapi dengan tetangga tidak dekat. Pantaslah bila kita meneladani dua orang tokoh kita ini. Mereka berdua di kenal oleh warga sebagai oarang yang banyak membantu warga dan aktif dalam berbagai bidang. Mereka berdua bukan orang yang kaya, tetapi sumbangsihnya terhadap warga bisa menjadi tauladan kita semua.

Akh Muksin dan Akh Arvendra adalah ketua RW di rumahnya masing-masing. Tidak mudah untuk menjadi RW dan mendapat kepercayaan dari warga. Jikapun keduanya terpilih sebagai ketua RW, pastii ada yang istimewa dari keduanya. Akh Muksin bahkan belum genap 5 tahun jadi warga di tempat barunya, tetapi sudah dipercaya jadi ketua RW. Mungkin ayat ini bisa jadi jawaban :

 “Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An Nisa: 36).

Ya, berbuat baik kepada tetangga adalah perintah Allah. Memberi manfaat kepada tetangga adalah aplikasi dari keimanan.  Memang tak harus kemudian jadi ketua RW atau RT, tetapi sikap baik pada tetangga, adalah bekal untukn surga anda.

Bertetangga memang harusnya begitu.
TETANGGA MEMANG BEGITU Reviewed by alimoel soekarno on 22.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.