Top Ad unit 728 × 90

Wajah Transportasi Darat Kota Bandung


Masih ingat berapa kendaraan bermotor roda dua yang melintas dari Jakarta menuju daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur saat mudik Lebaran? ya tidak kurang dari 2 juta kendaraan bermotor roda dua dan kendaraan roda empat yang jumlahnya juga lumayan besar. Tiap tahun perhitungan pertumbuhan jumlah kendaraan yang melintas saat mudik Lebaran mengalami peningkatan.

Walau saat mudik, Pemerintah sudah sangat antisipasif dengan menyediakan layanan Bus gratis sejak dua tahun lalu, namun dengan pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor di Jakarta hal ini masih kurang. Inilah salah satu wajah Transportasi darat Indonesia yang masih berkecamuk dalam hal jumlah kendaraan yang semakin hari semakin banyak memadati jalanan, tak terkecuali jalanan di Ibukota provinsi Jawa Barat yaitu Kota Bandung.

Bandung, sudah lumrah sejak lama akan mengalami macet pada week-end atau liburan panjang. Hal ini disebabkan jumlah kendaraan yang memasuki Kota Bandung pada waktu tersebut meningkat. Karena Bandung adalah destinasi wisata nasional sehingga banyak pelancong baik domestik maupun mancanegara ingin menghabiskan akhir pekan atau liburan mereka di Kota Bandung.

Dengan ruas jalan yang tidak bisa menampung kendaraan-kendaraan yang masuk tersebut sehingga perlu solusi jangka panjang agar Kota Bandung kedepan tidak mati dalam kemacetan seperti di Jakarta. Salah satunya dengan perbaikan pelayanan Bus sekaligus peremajaan Bus-bus yang lama diganti dengan yang baru dimana Pemkot Kota Bandung bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan.

Melalui kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga kemudian hari akan dibangun Monorel di Kota Bandung. Harapannya bagi para turis yang berkunjung ke Kota Bandung akan tertarik mencoba transportasi darat yang ada dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Adapula kendaraan wisata yang diciptakan oleh Pemkot Kota Bandung yaitu Bus modifikasi yang diberi nama "Bandros". Setiap hari banyak turis yang mencoba berkeliling di Kota Bandung dengan menggunakan Bandros ini.
Wajah Transportasi Darat Kota Bandung Reviewed by alimoel soekarno on 00.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.