Top Ad unit 728 × 90

Makna Hari Pahlawan

sumber google

10 November adalah hari dimana bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari pahlawan. Momentum perayaan ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang membela bangsa dan Negara sampai titik darah penghabisan. Harta jiwa dan raga telah mereka persembahkan untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri ini.
Masih teringat bagaimana Bung Tomo memimpin pasukan rakyat untuk meruntuhkan Belanda dan Sekutunya yang menduduki kota Surabaya. Kegigihan beliau dan para prajuritnya dalam merobek bendera Belanda berwarna biru memang harus dibayar dengan banyak korban yang berguguran. Namun jasanya tak pelak menjadi bagian sejarah yang tak terlupakan dan membekas di hati rakyat Indonesia.
Sebuah pepatah pernah disampaikan Presiden Soekarno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat jasa para pahlawannya”. Maka sudah selayaknya kita mengenang jasa para pahlwan dalam memperjuangkan kemerdekaan ini. Di tanggal 10 November ini, satu dari sekian momen perjuangan yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal bersejarah bagi Pahlawan
Jika dahulu kita memaknai arti pahlawan adalah yang berjuang mati-matian membela bangsa dan Negara lalu bagaimana makna pahlawan hari ini?
Makna pahlawan terus berkembang seiring waktu. Makna dari pahlawan hari ini jelas berbeda dengan makna pahlawan di masa perjuangan kemerdekaan. Hari ini bangsa Indonesia membutuhkan pahlawan-pahlawan yang siap mengisi kemerdekaan RI, pahlawan yang siap berkarya untuk bangsa dan Negara. Karya yang seperti apakah? Yaitu karya yang dihasilkan dari bidang keahlian dan kepakaran masing-masing. Pahlawan hari ini haruslah mempunyai wawasan yang luas dan cerdas.
Pahlawan hari ini bukanlah pahlawan yang harus membawa senjata dimanapun berada, tetapi pahlawan yang harus membawa gagasan dan ide-ide kreatif menuju Indonesia yang sejahtera. Karena zaman telah menuntut negeri kita untuk maju dan berkembang sesuai zaman. Sebagaimana dalam sebuah hadist “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” sebaik – baik manusia adalah ia yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain.  Sungguh hadist ini menerangkan kepada kita bahwa inilah pahlawan yang dicari hari ini, yaitu dia yang bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk masyarakat yang aman damai dan sejahtera.
Mudah-mudahan kita sebagai warga Negara Indonesia mampu memberikan karya yang terbaik untuk negeri ini, membawa masyarakat untuk mencapai kehidupan yang aman damai dan sejahtera lahiriyah maupun batiniyah. InsyaAllah.. _Selamat Hari Pahlawan_

Ditulis oleh Mang Oded (Wakil Walikota Bandung)

Makna Hari Pahlawan Reviewed by Ipah Abiba on 16.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.