Top Ad unit 728 × 90

Maung PKS Kota Bandung, Profil Haru Suandharu

Kang Haru Bersama Kang Emil
Sosok Haru Suandharu, seorang Ayah yang sangat menyayangi istri dan 4 anaknya ini mungkin bagi sebagian orang dianggap unik. Sebab meskipun memiliki jabatan strategis di partai serta memiliki jabatan publik yang bagi sebagian orang dijadikan kesempatan untuk hidup bermewah-mewah, namun beliau justru memilih untuk tetap hidup bersahaja. Di gang yang hanya bisa dilalui motor di kawasan Antapani, pintu rumah sederhananya pun selalu terbuka untuk bertemu tamu dari berbagai kalangan. “Pemimpin itu jangan memanfaatkan rakyat untuk kesejahteraan dirinya, tapi berupaya keras bagaimana cara menyejahterakan rakyatnya.” , begitulah beliau berprinsip.
Haru Suandharu dilahirkan di Tasikmalaya 38 tahun silam, tepatnya 29 Juni 1975. Menyelesaikan pendidikan sarjana tahun 1998 dan magister tahun 2001 di jurusan Biologi ITB. Kegemarannya terhadap seni dan bela diri diaktualisasikan melalui Sanggar Citra Seni (SCS), Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) ketika masih di bangku sekolah. Lahir dari keluarga pendidik, Haru pernah aktif sebagai Asisten Dosen di Biologi ITB, Wakil Direktur Pusat Bimbingan Belajar Villa Merah, Pendiri dan Ketua Yayasan Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang mengantarkan Indonesia sebagai salah satu peraih medali Emas dalam Olimpiade Biologi Internasional di Canada (2007). Haru pernah pula melatih guru Biologi SMA di berbagai daerah di Indonesia.
Jiwa kepemimpinannya terasah sejak di bangku sekolah SMAN 8 Bandung (Ketua KIR; Ketua MPK; DKM At Taqwa) dan di bangku kuliah (Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi ITB; Ketua DPP/MPP Karisma Salman ITB). Idealisme untuk merubah Indonesia ke arah yang lebih baik kemudian mengantarkan beliau untuk turut berpartisipasi dalam bidang politik. Berbagai jabatan diamanahkan kepada beliau diantaranya Ketua Departemen Pembinaan & Pemberdayaan Organisasi, Ketua Bidang Kebijakan Publik dan Ketua Umum DPD PKS Kota Bandung periode 2006 s.d 2010 serta Ketua Deputi Perencanaan Pengembangan Kewilayahan IV DPW PKS Jawa Barat sd tahun 2011. Hingga kini beliau dimanahi sebagai Sekretaris Bidang Kebijakan Publik DPW PKS Jawa Barat.
Sejak tahun 2009, masyarakat Bandung mengamanahi beliau sebagai anggota DPRD Kota Bandung Periode 2009 – 2014. Sebagai Ketua Komisi A, bersama rekan-rekannya mengusulkan raperda inisatif tentang penaataan dan pembinaan PKL serta Manajemen Tanah dan Bangunan Milik Daerah. Beliau juga aktif melakukan upaya penertiban perizinan (saat ini ada 7.435 titik reklame yang belum berizin) untuk menata wajah Kota Bandung yang lebih rapi.
Dalam memperhatikan kesejahteraan warga Kota Bandung, sebagai anggota Badan Anggaran DPRD Kota Bandung, beliau aktif memperjuangkan penganggaran dana hibah untuk guru honorer, bawaku sehat, bawaku pendidikan, serta program P2KB (program percepatan kelurahan bermartabat).
Sensitifitas terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar menjadikan beliau berani tampil mempelopori lahirnya kebijakan PKS untuk memperjuangkan pelestarian Kawasan Bandung Utara, pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan berbasis pemberdayaan ekonomi rakyat, serta pembelaan terhadap nasib pedagang pasar tradisional. Semoga cita-cita Kang Haru untuk menjadi manusia yang paling banyak memberikan manfaat untuk manusia lain terkabul. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kepadanya kesabaran, keikhlasan, dan keistiqomahan dalam menjalankan amanah apapun yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya. Amin.
Maung PKS Kota Bandung, Profil Haru Suandharu Reviewed by PKS Bandung on 10.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.