Top Ad unit 728 × 90

Pernah Jualan Jagung di Pasar, Wakil Wali Kota Bandung Janji Rangkul PKL

Ini perjalanan hidup Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Belum sampai dua dekade lalu, dia adalah penjual jagung di Pasar Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Dari perjalanan hidupnya ini, Oded pun berjanji menjadikannya rujukan untuk penanganan pedagang kaki lima.

"Dulu, tahun 2000 saya jualan jagung di Pasar Andir. Dua tahun lamanya saya dagang jagung," kata Oded di Bandung, Kamis, (10/10/2013). Namun, selama dua tahun berdagang jagung itu, dia mengaku punya keinginan hidupnya lebih maju sekalipun bila tetap harus berjualan jagung.

Demi keinginannya itu, tutur Oded, dia memutuskan menyewa sebuah jongko di Pasar Caringin. Jongko adalah istilah setempat untuk menyebut kios. "Satu tahun saya di Pasar Caringin jualan jagung. Sewa tempat di sana, satu tahun (sewanya) Rp 154 Juta," kata Oded. 

Tak pernah terbayang, aku Oded, suatu hari dia menjadi orang kedua yang memimpin Kota Bandung. Namun pengalamannya menjadi PKL dan berdagang jagung itu kini menjadi salah satu sudut pandang pertimbangan dalam pengambilan kebijakan terkait penataan PKL.

Menurut Oded, PKL memang kerap dituding sebagai biang kesemrawutan dan hancurnya tata kota. Namun, ujar dia, PKL pun pada dasarnya adalah para pencari nafkah untuk keluarga. "Hanya sistem dan caranya yang salah," kata dia.

Karenanya, Oded berjanji akan mencari solusi tepat soal PKL ini, termasuk belajar dari pengalamannya sendiri. Syarat yang dia minta adalah para PKL mau diajak bekerja sama, untuk bersama-sama mencari solusi persoalan mereka.

"Tidak ada persoalan di dunia ini yang tidak bisa dipecahkan. Semuanya bisa diselesaikan asalkan kita berfikir dan duduk bersama," tegas Oded. Dia pun optimistis di akhir periode masa jabatannya, persoalan PKL bisa tuntas tertangani bila semua pihak memang mau duduk bersama mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.

Sumber : :http://regional.kompas.com/read/2013/10/11/0453069/Pernah.Jualan.Jagung.di.Pasar.Wakil.Wali.Kota.Bandung.Janji.Rangkul.PKL
Pernah Jualan Jagung di Pasar, Wakil Wali Kota Bandung Janji Rangkul PKL Reviewed by PKS Bandung on 05.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.