Mengenal Lebih Dekat : Ir. H. Achmad Zulkarnain,MT (Kang Azul) CAD DPR Pusat JABAR 1

Profil Kang Azul

Kang Azul (Ir. Achmad Zulkarnaen), Ketua Pengcab Taekwondo Indonesia Kota Cimahi,..


Pria kelahiran 08 Agustus 1969 ini dikenal sebagai politisi yang ramah, sederhana, cerdas, dan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Bakat sosial-politiknya terbentuk sejak masih remaja dan terus berkembang ketika menjadi aktivis mahasiswa dan aktif berorganisasi di kampus ITB dan Masjid Salman ITB. Setelah lulus S1 dari ITB (th 1994), beliau langsung bekerja di PT.IPTN (PT DI) karena mendapatkan beasiswa dan ikatan dinas. Selama bekerja di PTDI, disamping melaksanakan tugas hariannya dengan profesional sebagai perancang pesawat helikopter, beliau juga aktif dalam kegiatan keIslaman dan menjadi pengurus inti Masjid Raya Habiburrahman PT DI dengan belasan ribu jamaah didalamnya. Rasa kepedulian dan semangat melawan ketidak adilan (kezhaliman) mendorong dirinya berjuang bersama teman seprofesi melalui SP-FKK dan keluar dari PTDI tahun 2003.

Pengalamannya mengelola Masjid Raya menjadikan beliau dipercaya oleh masyarakat sebagai Ketua DKM Masjid Manbaul Huda kelurahan Cibabat dan menjadi Penasehat/Pengasuh di Yayasan Bina Insan Sholih (YBIS) hingga beliau mendirikan lembaga pendidikan TKIT Generasi Harapan (GENHA).

Karir politik pria yang akrab disapa Kang Azul ini, dimulai sejak berdiri Partai Keadilan (PK) tahun 1998, beliau ditunjuk sebagai Sekretaris Umum DPD Partai Keadilan (PK) Kabupaten Bandung, hingga Cimahi otonom Juni 2001, memisahkan diri dari Kabupaten Bandung. Karena pengalaman duduk di struktur inti partai sebelumnya, pada 10 Juni 2001 saat Deklarasi Partai Keadilan (PK) di Kota Cimahi yang bertempat di GOR Sangkuriang, Kang Azul dipercaya sebagai Ketua Umum DPD Partai Keadilan yang kemudian berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dibawah kepemimpinannya, PKS berhasil menjadi kekuatan politik yang signifikan dengan menghantarkan 8 orang ‘duta dakwah’ di DPRD (20% dari 40 anggota DPRD Kota Cimahi).

Kang Azul memimpin PKS Kota Cimahi hingga dilaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA ke-1) pada bulan April 2006. Di MUSDA ke-1 ini beliau diberi amanah sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) hingga MUSDA ke-2 pada bulan Nopember 2010. Di kepengurusan partai saat ini, beliau mendapat amanah sebagai Deputy Pemenangan Pemilukada DPW PKS Jawa Barat.

Sebagai anggota DPRD Kota Cimahi (periode 2004-2009), lulusan S2 ITB bidang Instrumentasi dan Kontrol ini, dikenal sebagai anggota dewan yang rajin, kritis, bersih dari KKN, ramah dan bersahabat, dekat dan sering turun ke masyarakat, dan selalu konsisten serta komit dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Cimahi. Pada awal tahun 2007, pria yang tinggal di RW 17 Blok-C Kelurahan Cibabat (Cimahi Utara) sejak 1995 ini, dipercaya menjadi Ketua Komisi D DPRD Kota Cimahi (pada periode 2004-2009) yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat. Perhatian dan perjuangannya untuk kesejahteraan masyarakat tidak diragukan lagi, khususnya dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka. Kang Azul terus memperjuangkan Pendidikan Dasar Gratis, Pelayanan Kesehatan Gratis bagi Warga Miskin. Tidak sedikit warga Cimahi yang mendapatkan bantuan dan kemudahan karenanya. Beliau juga gigih memperjuangkan hak-hak normatif para pekerja (buruh), meningkatkan Tunjangan Daerah untuk Guru, memberikan insentif kepada Guru Ngaji, serta memperjuangkan peningkatan anggaran untuk bidang pemuda, olahraga, seni dan budaya serta pemberdayaan perempuan.

Kang Azul juga punya perhatian serius terhadap olahraga dan pembinaan generasi muda. Karena perhatiannya inilah, beliau saat ini di amanahi sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia Kota Cimahi dan Dewan Pembina DPP BODAS PEKA Jawa Barat.

Saat ini, suami dari Eka Indrawati dan ayah dari 5 anak ini, masih menjabat sebagai anggota DPRD Kota Cimahi periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Cimahi Utara untuk melanjutkan perjuangannya sebagai wakil rakyat yang sudah dibuktikan selama periode 2004-2009. Bahkan sekarang, beliau diberi amanat dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar menjadi Wakil Ketua DPRD Koordinator Badan Anggaran.

Untuk Pemilu 2014, beliau diberikan mandat sebagai Caleg DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat 1 yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Mohon do’a dan dukungannya, Kang Azul siap tandang makalangan seja babakti keur lemah cai, jadi wawakil rahayat Bandung jeung Cimahi.

Posting Komentar

0 Komentar