5 Jurus Jitu Agar Ibu Hamil Tetap Nyaman Berpuasa

Ilustrasi : sumber google


Bandung.pks.id -  Ada beberapa golongan orang yang mendapatkan keringanan untuk tidak mengerjakan puasa di bulan Ramadhan. Salah satunya yaitu adalah ibu hamil. Namun, bila ibu hamil tidak memiliki komplikasi apapun, tentu shaum bisa tetap dikerjakan.

Yuk simak tipsnya agar bumil tetap nyaman saat berpuasa serta tidak membahayakan janin yang sedang dikandung.


1. Penuhi kebutuhan cairan

Ibu hamil dianjurkan untuk minum sebanyak 2,3 liter sehari atau setara dengan 10 gelas. Bagilah jumlah tersebut untuk diminum saat sahur dan berbuka. Kebutuhan tersebut selain dapat dipenuhi lewat air putih bisa juga didapatkan melalui buah segar.

2. Tidak melakukan aktivitas fisik yang berat

Ibu hamil cenderung lebih rentan untuk kelelahan. Untuk itu, hindari aktivitas fisik yang menguras banyak tenaga. Bila ingin berolahraga sebaiknya pilih yang ringan saja misalnya senam atau jalan kaki. Setelah itu pastikan istirahat juga tercukupi.

3. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang 

Pastikan menu makanan untuk berbuka dan sahur mengandung gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jangan lupa untuk menambahkan serat agar pencernaan tetap sehat.

4.Batasi konsumsi kafein

Konsumsi kafein yang lebih dari 200 mg per hari dapat menyebabkan gangguan pencernaan, dehidrasi, dan hipertensi.

5. Tidak berbuka puasa dengan minuman dingin

Minuman yang dingin pada perut kosong dapat memicu naiknya asam lambung. Sebaiknya saat berbuka puasa pilih minuman yang hangat atau buah segar agar perut terasa lebih nyaman saat menerima makanan.


by Fathkia

Posting Komentar

0 Komentar