Top Ad unit 728 × 90

Mau Dibawa Kemana Sampah


Ummi Siti (baju putih) sedang menimbang sampah

Pengelolaan sampah pola lama mengandalkan proses pengakutan dan pemindahan sampah ke tempat pembuangan akhir. Berjalannya waktu pola lama menjadi tidak efektif, seiring membesarnya volume sampah akibat aktivitas sehari-hari warga yang semakin beragam dan semakin menyempit lahan pembuangan akhir sampah. Hal ini akibat sampah belum dipilah, hanya dicampur dan dibuang.

Bank sampah tercetus sebagai konsep pengelolaan sampah yang saat ini sedang tren di Indonesia. Konsep ini muncul sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan sampah yang sampai sekarang belum dikelola secara optimal.

Lain cerita bila sampah dikelola dengan konsep bank sampah. Paling tidak ada 5M yang perlu dilakukan yaitu mengurangi, memilah, memanfaatkan, mendaur ulang dan yang terakhir menabung sampah.

Maksudnya menabung sampah ialah sampah yang telah dipilah sesuai jenisnya (anorganik dan organik) di rumah atau tempat asal disetorkan (jenis sampah anorganik) ke bank sampah untuk ditimbang dan dihargai sesuai harga yang tercatat dalam buku tabungan.

Calon Wali Kota Bandung Oded M Danial menekankan pentingnya program bank sampah diseluruh wilayah Kota Bandung. Dengan bank sampah, lingkungan pemukiman bisa tertata dengan baik.

Dalam program Oded-Yana telah disiapkan Bandrek Panas atau Bandung Resik Pakai Bank Sampah. Ini program penataan lingkungan dari kami,” ujar Oded saat berkampanye.

Maka, kata Oded, jika terpilih bank sampah akan terus dikembangkan. Sebab, ia menilai konsep penanganan sampah yang juga bernilai ekonomi itu sudah terbukti berjalan baik.


Mau Dibawa Kemana Sampah Reviewed by Ahmad Farid Fakhrullah on 12.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.