Top Ad unit 728 × 90

Apa yang Terjadi dengan Keuangan DPRD?

yudi cahyadi

Assalamualaikum

Saya meyakini bahwa salah satu kunci keberhasilan terwujudnya tata-kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) adalah transparansi dan akuntabilitas anggaran. Agar setiap sen rupiah alokasi anggaran yang dibelanjakan oleh negara yang bersumber dari pajak warga negara dapat disalurkan secara tepat sasaran, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat (accountable).

Merespon adanya pemberitaan atas beberapa hal yang terlihat janggal dalam kacamata pengelolaan anggaran untuk kebutuhan internal sekretariat DPRD,  maka secara pribadi saya ingin menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Mempertanyakan proyek rehabilitasi besar dari gedung DPRD Kota Bandung, Padahal gedung tersebut merupakan gedung baru dengan usia pakai yang baru 2 tahun. Sedangkan fasilitas umum berupa toilet yang disfungsi, atap bocor justru diabaikan dan tidak dilakukan perbaikan segera.

2. Mempertanyakan sekaligus meminta penjelasan terkait adanya program yang rendah urgensinya dan sulit dipertanggungjawabkan secara etika kepada publik seperti alat fitness (meskipun pengadaannya sudah diputuskan tidak akan dilanjutkan) & ruang karaoke (pengakuan dari sekretariat dewan, itu sbg command center. Saya sebagai anggota banggar merasa tidak pernah mengetahui adanya ajuan program command center d sekretariat dewan).

Untuk itu saya mengusulkan untuk dibentuknya pansus/panja terkait penyusunan anggaran sekretariat dewan guna mengawal proses penganggaran beserta pengalokasiannaya agar lebih tepat sasaran, taat prioritas dengan mendahulukan kebutuhan mendasar dan mendesak, serta dapat dipertanggungjawabkan secara etika dan moral kepada publik sebagai pemangku kepentingan utama dari anggaran negara tersebut.

Yudi Cahyadi
Sekretaris FPKS
Anggota Banggar
Anggota Komisi C
Wakil Ketua Pansus 10 APBDP 2016
Apa yang Terjadi dengan Keuangan DPRD? Reviewed by Ipah Abiba on 12.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.