Oded Meresmikan Bus TMB Koridor III dan Bus Sekolah


 
Seiring perkembangan fisik dan ekonomi kota kebutuhan akan sarana transportasi massal cenderung meningkat dari waktu ke waktu, baik untuk mengakomodasi pergerakan di dalam kota maupun penghubung antar kota. Oleh karena itu sebagai konsekuensinya penangan transportasi harus terintegrasi dengan pemerintah daerah, provinsi dan pusat.
            Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial saat membuka acara peresmian operasional Bus Trans Metro Bandung (TMB) dan Bus Sekolah di Terminal Cicahem, Kota Bandung, Jumat (4/12/2015).
            Oded juga menyampaikan guna meminimalisir kemacetan di Kota Bandung dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik maka pemerintah Kota Bandung mengembangkan jangkauan dengan menambah Bus TMB Koridor III dan Bus sekolah Koridor III jurusan Asia Afrika – Buahbatu dan koridor IV jurusan Cibiru-Cibeureum via jalan Soekarno Hatta.
            “Penambahan ini dalam rangka memperkuat fasilitas angkutan masal yang sudah ada agar bisa meningkatkan kelancaran arus orang dan barang sekaligus dalam rangka mendorong  kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di Kota Bandung,” ujarnya.
            Oded menambahkan dengan akan dibangunnya beberapa jalan layang di Kota Bandung juga mampu mengurai kemacetan di Kota Bandung.
            Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky EM Gustiadi mengatakan, pengoperasian bus sekolah juga bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada pelajar untuk mendapatkan sarana transportasi yang aman, nyaman, cepat dan murah alias gratis.
            "Bus sekolah juga bisa berfungsi sebagai media edukasi ketertiban berlalu lintas dan keselamatan transportasi, penghargaan terhadap fasilitas publik dan media sosialisasi yang berkaitan dengan dunia remaja," ujar Ricky.
            Bus Sekolah Koridor III Cibiru-Asia Afrika akan dilayani oleh 16 unit Bus Medium bantuan Pemprov Jabar dengan operator pemenang lelang yakni PT Trans Metro Bandung.
            Adapun Rute yang dilalui untuk keberangkatan yakni Bundaran Cibiru, Jalan Sukarno Hatta, Jalan Buahbatu, Jalan Terusan Buah Batu, Jalan Karapitan, Simpang Lima, Asia Afrika.
            Sementara untuk rute kepulangan yakni Jalan Asia Afrika, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Inggit Ganarsih, Jalan M Ramdan, Jalan Lingkar Selatan, Jalan Martanegara, Jalan Maskumambang, Jalan Karawitan, Jalan Solontongan, Jalan Buah Batu, Jalan Sukarno Hatta, Cibiru.
            Sedangkan Bus Sekolah Koridor IV Cibiru-Cibereum Via Sukarno Hatta yang digunakan 10 unit dengan operator pemenang lelang yaitu Perum Damri, dengan rute yang dilalui yaitu dari Bunderan Cibiru, Jalan Soekarno Hatta, Pal Tiga, Cijerah, Batas Kota, Jalan Rajawali hingga Jalan Elang.

Posting Komentar

0 Komentar