Top Ad unit 728 × 90

Belajar Dari Alam

pemandangan alam

pksbandungkota.com - Cakrawala tercipta dengan tak pernah ada kecacatan. Segala sesuatunya mengandung arti yang dapat dipetik oleh tiap manusia, manusia yang memiliki keyakinan terhadap Sang Penciptanya bahwa memang segalanya adalah kesempurnaan sesuai dengan sifat-Nya. Ya, yang perlu dimiliki hanyalah keyakinan yang mendalam.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi(lalu berdoa), ‘Ya Tuhan Kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari azab api neraka.’ (Ali Imran :190-191)
Sesungguhnya tiap wujud alam ini indah. Keindahan yang tak akan pernah habis untuk dirasakan. Manusia mampu mengetahui dan menikmati keindahan ini sampai kepada batas yang tak terhingga, sesuai apa yang ia inginkan. Pandanglah lebah dan bunga. Demikian pula bintang, malam, pagi, bayang-bayang, awan dan seluruh orkestra yang bergema di cakrakwala ini. Keharmonisan dan keselarasannya benar-benar sempurna! Inilah dia perjalanan yang menyenangkan pada alam yang susunan penciptaannya sangat indah! Al Quran mengajak kita untuk memperhatikannya karena Allah telah berfirman, “Tidakkah mereka memperhatikan?” Firman ini membangunkan hati agar siap untuk mengamati setiap tempat keindahan yang ada di dalam wujud yang raksasa ini.
Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (Al Ghaasyiyah:17-20)
Perhatikanlah dan belajarlah. Belajarlah keikhlasan dari angin yang tak perlu terlihat tapi hadirnya mampu membawa kesejukan. Belajarlah meyesuaikan diri dari air yang selalu mengikuti bentuk wadahnya,yang juga mengetahui waktu untuk menghidupkan sekelilingya dan kapan harus menghanyutkan untuk mengingatkan. Belajarlah dari matahari yang tak kenal lelah memberikan cahaya bagi seluruh makhluk di bumi. Belajarlah dari semut mengenai makna kerja sama dan ikatan ukhuwah. Belajarlah Belajarlah! Karena segala sesuatunya dicipta untuk meningkatkan kedekatan kita dengan Sang Khaliq. (Zev)


Belajar Dari Alam Reviewed by Ipah Abiba on 11.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.