Top Ad unit 728 × 90

Demi PON, Pembangunan Tol Soreang-Pasirkoja Dipercepat



GARUT - Pembangunan jalan Tol Soreang-Pasirkoja sepanjang delapan kilometer akan dilaksanakan secara intensif. Langkah ini dilakukan agar siap dioperasional sebelum pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar. Tol ini dibutuhkan sehubungan gelaran upacara pembukaan dan penutupan, serta pertandingan beberapa cabang olahraga (cabor) di Stadion Si Jalak Harupat dan sekitarnya.  

Wakil Ketua Panitia Besar (PB) PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan hal tersebut usai meninjau lokasi hutan lindung di Kabupaten Garut, Jabar, Selasa (8/9/2015). 

Deddy mengatakan pembangunan jalan Tol Soreang-Pasirkoja segera dilaksanakan. "///Groundbreaking///-nya kan bulan ini. Supaya Agustus (2016) selesai, September (2016) bisa dipakai," tukas Deddy yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat seraya menambahkan bahwa pihaknya optimistis optimalisasi akses jalan menuju stadion di Soreang, Kabupaten Bandung, Jabar, itu berjalan lancar.

Penegasan tersebut didasari kebutuhan dana renovasi Stadion Si Jalak Harupat dan kawasannya, berikut akses jalan, disetujui DPRD Jabar melalui APBD Perubahan 2015. Deddy menandaskan pemenuhan ini penting agar segala persiapan untuk kesuksesan PON XIX dan Peparnas XV, khususnya pelaksanaan seremonial pembukaan dan penutupan. 

Dipaparkan pula, jalan Tol Soreang-Pasirkoja dibangun berdasarkan perencanaan yang matang meski diputuskan setelah PB PON XIX dan Peparnas XV membatalkan rencana upacara pembukaan dan penutupan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Ruas tol ini dijamin tidak digenangi banjir walaupun dibangun di kawasan yang kerap dilanda banjir.

"Yang membangunnya kan sudah berpengalaman, jadi tidak banjir. Dari (Gedung) Sabilulungan ke Jalak Harupat tidak banjir," yakin Deddy.

Sebelumnya, DPRD Jabar menyatakan mendukung penganggaran dari APBD Jawa Barat untuk sejumlah renovasi Si Jalak Harupat dan fasilitas pendukungnya, termasuk akses jalan. Ketua Komisi V DPRD Jabar Agus Welianto Santoso mengatakan pihaknya mendukung demi kesuksesan PON XIX dan Peparnas XV.

"Itu perlu biaya kan. Tentu kami dukung. Yang tidak mendukung penganggarannya sama dengan tidak mendukung 'Jabar Kahiji'," kata Agus.

Jajaran DPRD telah meninjau langsung Stadion Si Jalak Harupat dan kawasan di sekitarnya. Rencana renovasi dan pembangunan akses jalan oleh Pemprov Jabar memang dibutuhkan. "Harus sekarang juga. Kami akan dukung di (APBD) Perubahan (Jabar 2015)," tandasnya.
Demi PON, Pembangunan Tol Soreang-Pasirkoja Dipercepat Reviewed by alimoel soekarno on 21.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.