Top Ad unit 728 × 90

Dalam Penerimaan, Ada Kebahagiaan

PKS Kota Bandung - Dalam Penerimaan, Ada Kebahagiaan

Pernahkah anda merasa apa yang sedang terjadi pada diri anda seharusnya tidak terjadi? Berbagai kemalangan, musibah, hingga cobaan-cobaan kecil yang membuat hati sesak dan bertanya-tanya : Mengapa semua ini terjadi pada diri saya?

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan, ia berkeluh kesah. Apabila ia mendapat kebaikan, ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang tetap mengerjakan shalatnya”
(Al-Ma’ārij [70]: 19-22)

Maka janganlah heran apabila dalam keseharian kita, selalu saja ada celah untuk berkata 'aduh', 'ya ampun', atau berbagai bisik keluhan lainnya. Mari kita ingat-ingat, kata apa yang sering terucap saat melihat hujan. Hampir dapat dikatakan pasti, kita semua mengucap 'duh, hujan!'. Jika pun tidak, mungkin dalam hati terbersit kekecewaan : jemuran tidak kering, harus menunda kepulangan karena takut kebasahan, kekhawatiran pada kerabat yang sedang berada di luar rumah/di tengah perjalanan, dan berbagai alasan kemalangan lainnya.

Dalam kasus yang lebih berat, lebih banyak lagi alasan kemalangan yang kita rasakan untuk kita keluhkan. Diakui atau tidak, barangkali beberapa dari kita pernah mengeluhkan takdir Allah mengenai keluarga atau pasangan kita. 'Mengapa orangtuaku seperti ini?' , 'Mengapa pasanganku seperti ini?'. Kesalahan dan kekurangan alamiah orang di sekitar kita pun seringkali menjadi faktor keluhan kita. Lalu dimana letak kebahagiaan jika sehari-hari kita seolah hanya menemui kemalangan? Benarkah Allah lebih banyak menciptakan ujian dan kemalangan daripada berkah kebahagiaan?

Padahal, fa inna ma'al 'ushri yushroo, inna ma'al 'ushri yusroo.

Lalu mengapa Allah menciptakan keluh kesah pada diri manusia? 
Renungkanlah. Bukankah kebahagiaan yang terbit setelah kesusahan itu terasa lebih indah?
Bukankah berbuka selepas puasa panjang terasa amat manis?
Jika demikian, adakah rasa bahagia itu akan terkecap manis dan segar jika tak ada kesedihan?

Jadi, bolehkah kita berkeluh kesah? 
Boleh bersedih, tapi janganlah berkeluh kesah. Terimalah episode kehidupan kita dengan kesabaran dan kesyukuran. Insya Allah, dalam penerimaan ada kebahagiaan. (RD)

Dalam Penerimaan, Ada Kebahagiaan Reviewed by Riska Mardiana on 07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.