Top Ad unit 728 × 90

3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun

3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun

3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun
3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun
Enam bulan Pemkot Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil dan Oded M Danial menggulirkan program Kampung berkebun di 151 RW. Program ini digulirkan selain sebagai upaya perbaikan kualitas lingkungan sehingga menjadi lebih asri dan produktif juga sebagai pemenuhan kebutungan pangan masyarakat. Satu RW mendapatkan secara gratis bibit, tanah, pupuk, dan peralatan pendukung. Peran relawan kampung berkebun sangat penting. Para relawan ini membimbing, memonitor dan ikut bersama melaksanakan program berkebun

Salah satu tempat program di RW 06 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo, Pak RW beserta beberapa warga rutin merawat tanaman sayuran hingga panen tiba. Hasil tanaman cukup menggembirakan dan bisa dinikmati warga, bahkan sebagian hasi panen bisa dijual kepasar. Walaupun lahan sulit ditanami penuh brangkal, warga berkreasi dengan membuat guludan yaitu tumpukan tanah yang dibuat memanjang.

Sementara di RW 05 Kelurahan Pakemitan sayuran dan tanaman hias tidak dipusatkan disatu tempat, tapi disebar ke tiap rumah. Pak RW menghimbau warganya menanam sayur disetiap halaman rumahnya. Sebagian rumah di RW ini halamannya sempit, warga menjadikan pagar rumah sebagai tempat menyimpan tanaman. 

RW 03 Kelurahan Cisaranten Endah dipusatkan dikantor kelurahan, hasil panen cukup menggembirakan. Bahkan ibu-ibu pengelola kampung berkebun mendapatkan pesanan pembibitan sayuran dari salah seorang warga. 

Demikian 3 kreativitas warga di Kampung Berkebun. Mengamati program di lapangan walaupun cuaca beberapa bulan terakhir sangat panas dan belum semua warga ikut terlibat dalam program ini, program kampung berkebun ditahun pertama ini berjalan lancar dengan segala tantangannya.


Artikel Lainnya:
Kampung Berkebun, Aktivitas Hari Libur Yang 'Menghasilkan'

3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun
3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun
3 Kreativitas Warga di Kampung Berkebun Reviewed by Budi Haryana on 07.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.