Top Ad unit 728 × 90

Al-Miski, Pemuda Seharum Kesturi


Masih ingatkah anda dengan kisah pemuda tampan nan mulia yang pernah menolak diajak berzina oleh seorang Istri Raja? Ya, benar, ialah Nabi Yusuf Alaihissalam. Kisahnya bagaikan dongeng dan legenda yang tak kan pernah terlupakan.  
Sebagian besar orang barangkali akan merasa hal tersebut biasa saja. Alasannya karena yang mengalaminya adalah Nabi yang memperoleh petunjuk dari Allah SWT. Meskipun terlepas dari itu, teladannya tetaplah mulia. Maka jika hal tersebut terjadi saat ini, pada pemuda biasa, apa yang akan muncul pada benak anda semua?
Alkisah di tanah Syam, ada teladan yang disampaikan dari mulut ke mulut abad ini. Ini adalah kisah ketakwaan seorang pemuda yang bekerja sebagai penjual kain keliling. Ia berkeliling dari kawasan ke kawasan, lorong ke lorong, rumah ke rumah. Hingga dijuluki si "pedagang kain keliling".  Diantara kelebihan pemuda ini adalah postur tubuh yang gagah, kulit yang putih, wajah yang mempesona dan keramahannya yg luar biasa
Suatu hari, ketika ia sdg menjajakan kainnya, tiba-tiba ada seorang wanita memanggilnya. Ia pun menghampiri. Wanita ini menyuruhnya masuk ke dalam rumah. Rumahnya luar biasa mewah. Agaknya wanita itu termasuk golongan bangsawan. Rupanya wanita itu sangat terpesona dengan ketampanannya. Seringkali diam-diam wanita itu memandangi sang pemuda saat melewati rumahnya. Begitu masuk ke dalam rumah, dengan lihainya wanita itu bisa segera mengunci pintu.  Lalu terjadi percakapan berikut…
"Duhai pemuda tampan. Aku memanggilmu tidak untuk membeli daganganmu, tapi semata karena aku terpesona olehmu" ujar sang wanita.
Saat itu, tak ada seorang pun di rumah selain mereka berdua. Wanita bangsawan itu dengan penuh harap merayunya berzina. Sang pemuda pun mengingatkannya dan menakutinya akan pedihnya siksa Allah. Namun, semua usahanya sia-sia. Setiap perkataan yang diucapkan pemuda itu justru membuat wanita itu semakin tertantang, menggila dan nekat. Namun sang pemuda tak bergeming dengan keimanannya. Ia menolak dengan tegas.
Melihat sang pemuda bersikeras menolak, wanita itu mengancam, "Jika kamu tidak menurut apa yang kuperintahkan, aku akan berteriak sekeras-kerasnya. Aku akan mengatakan kepada orang-orang bahwa ada orang yang masuk ke rumahku dan ingin memperkosaku. Mereka pasti percaya ucapanku karena kedudukanku dan karena kamu telah memasuki rumahku. Akibatnya kamu akan binasa. Kau akan dianggap penjahat paling nista. Orang-orang itu bisa marah dan menggantungmu hidup-hidup!"
 
Pemuda itu terus berfikir mencari jalan keluar. Ia tak mau berbuat maksiat tapi juga tak mau melakukan hal konyol. Lalu muncullah sebuah ide di fikirannya. Ia berkata, "Baiklah. Bolehkah aku ke kamar mandi untuk bersih-bersih dahulu?Begitu mendengar ucapannya, wanita tersebut sangat gembira karena mengira ia akan menuruti keinginannya. Wanita tadi pun berkata, "Oh tentu saja boleh, aduhai kekasihku dan belahan jiwaku. Sungguh ini adalah kesempatan luar biasa."
 
Sebenarnya pemuda tadi mengatakan hal itu sekedar untuk menyelamatkan diri sesaat. Mencari tempat yang tenang untuk berfikir. Sesampainya di kamar mandi tubuhnya gemetar karena takut terjatuh pada kemaksiatan. Wanita itu adalah perangkap setan. Tak ada seorang laki-laki dan wanita yang berduaan, kecuali ada yang ketiga adalah setan.(sabda Rasulullah SAW). Ia pasrah kepada Allah. Ya Allah, apa yang mesti aku lakukan? Berilah hamba-Mu petunjuk ya Allah.” Ia bergumam, "Aku tahu pasti, diantara golongan yang akan mendapatkan naungan pada hari tidak ada naungan lagi di hari kiamat adalah pemuda yang diajak berzina oleh wanita cantik dan berkedudukan, lalu ia mengatakan, Sungguh aku takut pada Allah’. Aku juga tahu, orang yang meninggalkan sesuatu karena takut pada Allah, maka Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.
Selang beberapa lama, Allah ilhamkan ide padanya. Sang pemuda segera buang air besar lalu melumuri seluruh tubuhnya dengan kotorannya. Hingga ia sendiri merasa jijik, mual dan sempat muntah akibat bau kotoran di tubuhnya. Sambil menangis ia berkata, "Ya Allah, karena takutku pada-Mu aku melakukan ini, maka gantikanlah untukku yang lebih baik". Begitu keluar dari kamar mandi, dan begitu wanita tersebut melihatnya ia terkejut bukan main. Ia merasa jijik luar biasa. Wanita itu pun menjerit dan berteriak dengan keras, "Keluarlah, hai orang gila! Dasar pemuda gila, keluar kau jangan kau kotori rumahku"
 
Pemuda itu keluar dan berpura-pura bertingkah laku seperti orang gila. Begitu sampai di luar ia segera mencari tempat  aman. Ia takut dilihat orang dan mereka menggunjingnya. Jika itu terjadi barang dagangannya bisa-bisa tidak laku. Ia pun terus berjalan melewati jalan yang sepi. Leganya ia ketika sampai dirumahnya
Bersegeralah ia melepas pakaiannya dan menuju ke kamar mandi untuk membersihkan seluruh tubuhnya. Ketika ia keluar dari kamar mandi, Allah SWT menunjukkan kekuasan-Nya atas apa yang dilakukannya. Allah menjadikan bau harum yang amat luar biasa memancar dari seluruh pori-pori tubuhnya hingga ajal menjemputnya. Bau harumnya bahkan tercium dari jarak beberapa meter. Subhanallah. Akhirnya pemuda ini dikenal dengan sebutan "Al-Miski" atau Orang Yang Seharum Kesturi. Kisah ini menjadi bukti keagungan Allah yang masih bisa dilihat bekasnya. Di tanah Syam, ada sebuah makam yang tertuliskan "Al-Miski". Itulah kubur orang mulia yang menjaga kesuciannya ini. Semoga menginspirasi kita utk meneladaninya. (GunGun)

Al-Miski, Pemuda Seharum Kesturi Reviewed by PKS Bandung on 06.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.