Deddy Mizwar Salurkan Bantuan Korban Banjir di Bekasi

Embedded image permalink

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Deddy Mizwar menyalurkan bantuan pemerintah provinsi (pemprov) kepada korban banjir di Kota Bekasi.Deddy menyampaikan bantuan saat mengunjungi langsung lokasi banjir di Perumahan Dosen IKIP, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Ahad Minggu, 19 Januari 2014.


Kawasan Perumahan Dosen IKIP dan sekitarnya salah satu spot banjir yang ketinggiannya di atas satu meter. Ketinggian banjir hari ini mencapai sekitar satu meter, setelah dalam beberapa hari sebelumnya dua meter.


Bantuan Pemprov Jawa Barat yang disalurkan Deddy Mizwar untuk korban banjir Jatikramat berupa sandang-pangan, tenda gulung, dan perlengkapan ibu hamil dan anak senilai Rp92.296.900. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Kota Bekasi Agus Darma."Bantuan korban banjir bukan sebatas ini. Bantuan lanjutan akan diberikan dinas terkait sesuai kondisi," ujar Deddy.


Wagub menambahkan, bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan utama korban banjir bukan baru kali ini disalurkan. Langkah tanggap darurat melalui Badan Penanggulangan Bendana Daerah (BPBD) Jawa Barat telah berjalan sejak hari pertama bencana, pekan lalu.

Saat menemui korban banjir, Deddy menyampaikan keprihatinanya dan mengimbau agar bersabar atas bencana ini. Menurutnya seluruh komponen masyarakat introspeksi atas bencana banjir. Bencana, kata Deddy, umumnya disebabkan oleh ulah manusia. "Saya harap masyarakat bersabar. Juga harus intropeksi, apakah banjir ini karena ulah kita atau bukan," tutur Wagub dalam siaran persnya yang diterima ROL, Ahad (19/1).

Salah satu upaya untuk mencegah banjir berulang di masa depan, ulas Deddy, warga diimbau agar tidak membangun atau merusak lumbung-lumbung air. Selain Kelurahan Jatikramat, Wagub Deddy Mizwar juga bersilaturahim kepada korban banjir di Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Turut mendampingi Wakil Walikota Ahmad Syaikhu.


Banjir di Kecamatan Jatiasih dipicu meluapnya Kali Cikeas dan Kali Cileungsi setelah hujan mendera Kota Bekasi dan sekitarnya, sepekan terakhir.Di Jatiasih, mengacu data pihak kecamatan, korban banjir mendekati angka 1.000 kepala keluarga (KK).


Posting Komentar

0 Komentar