Top Ad unit 728 × 90

4 Karakteristik Wakil Rakyat Ideal

Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (AT-TAUBAH:128)


Ada 4 karkteristik pemimpin/wakil rakyat yang ideal dalam memperjuangkan aspirasi yang diwakilinya.

1. Mengerti permasalahan rakyat, karena muncul dari aspirasi rakyat pemilihnya secara alamiah. Dia terpilih karena rakyat sudah tahu kapasitas dan kapabilitasnya. Rakyat tahu integritas dan pembelaan terhadap mereka. Berbicara dengan bahasa mereka dan memahami keinginan dan kebutuhan konstituennya. 
2. Rasa Empati yang sangat besar. Seorang pemimpin, seorang wakil rakyat terinstall dalam dirinya program otomatis yaitu empati terhadap kesusahan dan problematika rakyatnya. sebagian tidak harus menunggu rakyat datang mengeluh, cukup melihat dari keseharian, atau mendengar laporan dari org lain. Karena bisa jadi sebagian orang jarang mengeluh tentang kesusahan hidupnya, tetapi secara kasat mata dia sangat perlu di bantu.
3. Selalu berorientasi pada keselamatan rakyatnya dunia akhirat. Dia menginginkan rakyatnya hidup sejahtera. Dia berharap rakyatnya selalu menjalani hidup dalam tuntunan agama yang hanif. Dia selalu mendorong kehidupan keberagamaan berjalan di masyarakatnya. 
4. Mengedepankan rasa sayang dan cinta pada rakyatnya. besar rasa maaf pada rakyatnya. Dan sabar terhadap segala kondisi rakyatnya. Ketika rakyatnya berbuat salah, rakyatnya mengecawakannya, bahkan rakyatnya menghujatnya, Maafnya lebih besar daripada ketersinggungan oleh rakyatnya.

Adakah karakteristik seperti ini?,.... semoga Allah menurunkan pemimpin dan wakil rakyat seperti ini,..
Wallahu a'lam

{ahadi)
4 Karakteristik Wakil Rakyat Ideal Reviewed by PKS Bandung on 14.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.