Top Ad unit 728 × 90

Ridwan Kamil Luncurkan Mobile Water Treatment


BANDUNG – Calon Walikota Bandung 2013-2018 Ridwan Kamil lagi-lagi memberikan solusi dalam menangani masalah Kota Bandung. Ia meluncurkan mobil pengolah air bersih (mobile water treatment). Mobil itu akan memproses air kotor menjadi air bersih.
“Air yang dihasilkan nanti bisa dikonsumsi. Karena ini mobile jadi nanti berpindah dari satu RW ke RW lain yang membutuhkan, terutama dalam keadaan darurat, seperti bencana,” jelas cawalkot bernomor urut 4 ini di kawasan Kebon Sirih, Jumat (24/5). 
Untuk menjangkau tempat-tempat atau lokasi-lokasi yang sempit atau kecil, papar Ridwan, akan dibuatkan moda lainnya yang sesuai. “Bisa dibuat gerobak, atau ditarik motor,” tandasnya.
Mobile water treatment (MWT) ini bagi cawalkot yang akrab disapa Kang Emil ini adalah bagian dari solusi yang melibatkan masyarakat dalam menghadapi permasalahan Bandung. “Masyarakat sudah kreatif dan pintar, Bandung punya kapasitas untuk mengatasi berbagai permasalahan,” jelas Kang Emil.
Halim, warga Jalan Kebon Sirih, Kelurahan Babakan, menyambut baik alternatif solusi yang disodorkan Emil. “Dengan adanya mobil ini sangat bermanfaat sekali untuk warga terutama warga yang tidak mendapatkan air bersih, seperti air PAM, dan ini jelas sangat membantu sekali warga yang rata-rata menggunakan air tanah atau air sumur untuk dikonsumsi sehari-hari, seharusnya ini sudah ada dari dulu tapi saya sangat bersyukur dengan adanya terobosan seperti ini,” ungkap Halim.
Bahkan kang Emil sempat meninjau sumur milik salah satu warga yang kotor dan tidak layak untuk dikonsumsi. Emil kemudian mengajak warga untuk mencoba air sumur itu diolah di MWT. “Wah bisa langsung diminum, celetuk salah satu warga ketika petugas memperagakannya.
Ke depan, jelas Emil, tidak menutup kemungkinan teknologi ini akan dibuat secara masal. “Dengan teknologi ini kita bisa menawarkan program kerjasama dengan warga, bagi warga yang mau berusaha kita bisa menggunakan usaha ini untuk bisnis filter air dengan harga yang sangat-sangat murah. Membangun Bandung adalah berkolaborasi dan bergotong royong dengan ilmu-ilmu yang ada di warga dan di perguruan,” paparnya. 
MWT sudah diujicoba memproses berbagai air. “Air laut, air payau, maupun air tawar, diolah bisa langsung diminum. Alat ini sangat berguna untuk warga yang kesulitan mengkonsumsi air bersih". Tandasnya.
Caption
Calon walikota Bandung Ridwan Kamil bersama warga di daerah Kebon Sirih, Jumat (24/5) mempraktikan penyulingan air sungai cikapundung menjadi air siap minum. Bersama anak-anak dan warga  Cawalkot Bandung No urut 4 ini, meminum air hasil penyulingan Mobile Water Treatment itu.
Ridwan Kamil Luncurkan Mobile Water Treatment Reviewed by PKS Bandung on 17.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Kota Bandung © 2014 - 2015
Powered By Bidang Humas, Designed by HnM

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.