Mengajarkan Anak Berpuasa, Mulai dari Mana?



Bandung.pks.id - Sebelum mencapai baligh, anak-anak memang masih belum diwajibkan berpuasa. Namun agar kelak mereka lebih siap untuk berpuasa sebaiknya kita sebagai orang tua bisa mulai memperkenalkannya sejak dini. Bak menyambut tamu yang spesial, kita juga bisa mengajak anak-anak untuk menyambut hadirnya Ramadhan dengan istimewa pula agar mereka turut larut dalam semaraknya.


1. Menceritakan tentang keutamaan bulan Ramadhan

Pahamkan anak bahwa di bulan Ramadhan seluruh amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Kisahkan juga tentang berbagai peristiwa heroik yang berlangsung ketika Ramadhan misalnya saja Perang Badar juga proklamasi kemerdekaan 1945. Artinya, puasa bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan berbagai hal.


2. Menyiapkan aktivitas yang menyenangkan agar terdistraksi dari rasa lapar dan haus.

Mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai Islam bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan membaca buku atau menyisipkannya melalui berbagai kegiatan. Aktivitas seperti menggunting, menempel, mewarnai, atau menggambar bisa menjadi pilihan. Semoga, dengan sibuk berkegiatan, mereka dapat sejenak melupakan rasa haus dan laparnya.


3. Tetap penuhi kebutuhan cairan dan gizi seimbang

Meski berpuasa, anak-anak tetap harus mendapatkan asupan cairan dan gizi yang seimbang. Perhatikan menu makanan berbuka dan sahur agar tidak terlalu mengandung banyak gula atau lemak yang malah membuat tubuh lebih cepat lapar dan lemas.


4. Apresiasi setiap progress

Mungkin anak tidak bisa langsung full berpuasa hingga azan maghrib. Namun kita harus tetap mengapresiasi usahanya. Memberikan hadiah bisa jadi membuatnya termotivasi, namun jangan lupa sampaikan bahwa pahala dari Allah akan jauh lebih besar.


(Fathkia)

Posting Komentar

0 Komentar