Salmiah Rambe Soroti Pembangunan SDM Minim Usulan di Musrenbang

 

Hj. Salmiah Rambe anggota Komisi D DPRD Kota Bandung berharap hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tidak hanya terkait pembangunan infrastruktur. Namun juga memiliki ada usulan terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut ia sampaikan pada Musrenbang tingkat Kecamatan Sumur Bandung, di Hotel El Royale, Bandung, Selasa (14/2/2023). 

"Usulan Musrenbang tidak hanya infrastruktur, tapi pembangunan SDM juga penting," tuturnya. 

Hj. Salmiah Rambe

Menurut Salmiah, pembangunan manusia tidak kalah penting dengan pembangunan infrastruktur atau fisik kota. Sehingga diharapkan adanya usulan musrenbang terkait pembekalan, pelatihan atau peningkatan skill atau kemampuan SDM. 

Ia mengatakan bahwa sebagian besar hasil musrenbang merupakan pembangunan infrastruktur, bahkan hingga 80 persen. Sementara aspek sosial atau pengembangan SDM masih kecil, atau dibawah 10 persen. 

"Ketika yang dibangun hanya infrastruktur saja sementara manusianya tidak, maka pembangunan yang dilakukan belum tentu berdampak. Malah apa yang dibangun bisa saja dirusak, karena tidak paham dan mengerti," ujarnya. 

Hj. Salmiah Rambe saat menyampaikan sambutan

Politisi PKS ini pun menerangkan bukan hanya terkait pengembangan SDM saja, tetapi perlu juga usulan terkait sosialisasi pencegahan penyakit sosial yang kini dinilai banyak terjadi di remaja-remaja Kota Bandung. 

Misalnya terkait seks bebas, pornografi hingga LGBT. Bahkan, Ia merasa miris bahwa kampanye LGBT hingga menyentuh anak di bawah umur atau remaja. 

"Maka dibutuhkan pencegahan sejak dini dari ancaman LGBT, karena anak-anak saja sudah mengenalnya," ucapnya. 

Peserta Musrenbang

Oleh karena itu, Salmiah berharap adanya usulan terkait upaya pembangunan manusia, di samping pembangunan infrastruktur dalam usulan musrenbang di masyarakat. 

"Kita berharap apa yang didiskusikan hari ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Kota Bandung, khususnya di Sumur Bandung," ujarnya.

 



Ahmad Farid Fakhrullah

Posting Komentar

0 Komentar