Ketua DPRD Kota Bandung: Pemulihan Ekonomi Harus Segera Dikebut

Indonesia kini masih berjuang untuk menanggulangi pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat terasa di sektor kesehatan dan perekonomian. Untuk sektor kesehatan, strategi penanganannya mulai memunculkan hasil baik dan sudah saatnya diiringi dengan upaya membangkitkan kembali gairah perekonomian masyarakat.


Bak berkah terselubung, pandemi Covid-19 yang sudah menghantam selama hampir dua tahun terakhir ini rupanya mampu mempercepat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengoptimalkan pemasaran digital. Penguatan UMKM di ranah digital sejatinya mampu membangkitkan perekonomian di tengah keterpurukan akibat pandemi.


Khususnya di Kota Bandung yang pada pekan ini akan berusia 211 tahun, dorongan untuk mengoptimalkan UMKM datang dari banyak pihak termasuk pemangku dan pembuat kebijakan. UMKM masih menjadi penopang ekonomi nasional saat ini. Dari data statistik 2021, jumlah para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia mencapai 65 juta orang. Jumlah tersebut menandakan hampir 99,9% unit usaha yang ada di tanah air adalah menengah ke bawah. Mereka juga terbukti telah menyerap 97% lapangan kerja dan berkontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia.


Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan saat menjadi narasumber


Dapat dibayangkan betapa dahsyatnya perekonomian Indonesia akan tumbuh jika para pengusaha di tataran kecil dan menengah ini mampu dioptimalkan. Usaha kecil dan menengah ini juga berkontribusi pada kinerja ekspor yang mencapai 14,17% dari total ekspor serta menyumbang 58,18% total investasi.


Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan pemulihan ekonomi harus segera dikebut. Selain untuk segera keluar dari situasi industri 5.0 yang serba digital.


Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan


“Akhir-akhir ini semakin banyak warga yang minta segera dilakukan percepatan regulasi yang mendukung pemulihan ekonomi. Salah satunya dengan percepatan vaksinasi, ternyata ini bisa menjadi daya dukung untuk kebangkitan ekonomi. Insya allah di akhir tahun ini akan ada 2 juta penduduk Kota Bandung yang sudah divaksin sehingga laju perekonomian bisa segera melesat,“ ujar Tedy saat menjadi pembicara dalam acara. “Gebrakan Inovasi Kala Pandemi: Talk Show Digitalisasi Pengelolaan usaha untuk UMKM” di Aula Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika 77 Bandung, Kamis (23/9/2021).


Tedy menilai, sudah seharusnya pelaku UMKM melek teknologi informasi yang mampu membuka akses informasi dan dapat membantu menguatkan bisnis mereka. “Dan, jangan lupakan kolaborasi karena di masa mendatang aksi kolaborasi akan lebih menuai kesuksesan,” katanya.

 



(Ahmad Farid Fakhrullah)

Posting Komentar

0 Komentar