Tantangan Pertumbuhan Pariwisata di Kota Bandung


Kota Bandung memiliki peranan penting tidak hanya sebagai pusat pemerintahan provinsi, tetapi juga sebagai pusat perdagangan dan jasa. Secara geografis, posisinya yang strategis menjadi salah satu destinasi tujuan wisata untuk mengisi akhir pekan bagi masyarakat dari wilayah di sekitarnya.

Di balik potensi besar pertumbuhan pariwisata di Kota Bandung terdapat tantangan yang mesti diantisipasi oleh Pemerintah Kota Bandung. Konektivitas yang hadir mempermudah perjalanan antarkota bisa memicu warga Kota Bandung dan sekitarnya untuk memilih liburan ke kota tujuan lain.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh tingkat konsumsi belanja yang cukup tinggi. Capaian Produk Domestik Regional Bruto Kota Bandung yang disumbang dari sektor pariwisata bisa disebut lebih tinggi dibanding kota lainnya.

Yudi Cahyadi saat diwawancarai oleh para wartawan

Mantan anggota Komisi B DPRD Kota Bandung 2014-2019, yang juga kembali terpilih periode ini, Yudi Cahyadi, menyoroti hal ini. Ia menjelaskan, suatu daerah mampu berkembang menjadi sebuah destinasi wisata karena dipicu keunggulan daerah tersebut. Diperlukan objek wisata yang menarik masyarakat, fasilitas dan atraksi, lokasi geografis, jalur transportasi, stabilitas politik dan lingkungan yang sehat, serta inovasi yang berkelanjutan. Taman tematik, kata dia, menjadi salah satu objek wisata andalan Kota Bandung. 

“Tidak dapat dipungkiri bahwa destinasi wisata tersebut menjadi objek wisata tujuan utama para wisatawan dari luar daerah menuju pusat kota Bandung,” kata anggota Fraksi PKS itu saat seusai pelantikan anggota DPRD, Senin (5/8/2019).

Walau demikian, ia berharap Kota Bandung dapat mengembangkan pariwisata jenis lain, dengan melakukan perbaikan infrastruktur, pembangunan fasilitas pendukung, promosi kebudayaan lokal yang dikemas dengan semenarik mungkin. Variasi berbagai kebudayaan dari budaya modern bisa dipadukan dengan budaya tradisional. Tidak lupa, perlu disiapkan pola perilaku masyarakat untuk menjaga komunikasi yang baik kepada wisatawan.

“Pengembangan tata kota yang baik, diiringi dengan ketersediaan fasilitas transportasi, pengembangan wisata belanja dan penyelenggaraan wisata tahunan tematik, akan mampu menangkap potensi pariwisata yang ada di Kota Bandung,” ujar Yudi, yang setelah pelantikan anggota dewan terpilih ini dipercaya sebagai Ketua Sementara DPRD Kota Bandung.






(Ahmad Farid Fakhrullah)

Posting Komentar

0 Komentar